Wednesday, 20 November 2019

Bantuan Pemberantasan HIV/AIDS, TB dan Malaria Berlanjut

Rabu, 5 Maret 2014 — 20:33 WIB
Nafsiah Mboi-Bambang

JAKARTA (Pos Kota)- Lembaga donor internasional Global Fund (GF))  menguatkan komitmennya untuk terus mendukung pendanaan bagi penanganan 3 penyakit menular di Indonesia yakni HIV/AIDS, malaria dan tuberculosis (TB). Melalui dukungan dana dari Global Fund sejak 2002, Indonesia dikatakan Menkes Nafsiah Mboi, telah mampu menurunkan jumlah kasus 3 jenis penyakit tersebut secara signifikan dari tahun ke tahun.

“Intervensi pendanaan dari Global Fund membuat penanganan kasus-kasus malaria, HIV dan TB di Indonesia bisa dipercepat dan hasilnya jauh lebih efektif,” jelas Menkes Nafsiah Mboi selaku Ketua Dewan GF, Rabu (5/3). Global Fund dikatakan Menkes telah mengambil porsi cukup besar untuk pembiayaan program penanggulangan penyakit HIV, malaria dan TB. Misalnya untuk HIV mencapai 82 persen, malaria 50 persen dan TB 21 persen.

Sisanya ditanggung melalui pola pembiayaan kemitraan yang melibatkan pemerintah dan swasta. Dengan pola kemitraan dan dukungan Global Fund, Indonesia diakui Menkes mampu menurunkan angka kematian penyakit-penyakit HIV/AIDS, malaria dan TB secara signifikan dalam 10 tahun terakhir ini. Data Kemenkes menyebutkan saat ini angka kematian TB turun hingga 50 persennya, malaria dari 4,68 per 100 ribu penduduk menjadi 1,8 per 100 ribu penduduk dan HIV/AIDS dari 40 persen menjadi 0,3 persen.

Global Fund sendiri telah menyetujui alokasi anggaran untuk pemberantasan tiga penyakit menular tersebut senilai 693 juta dolar AS. Dari jumlah tersebut, 542 juta dolar AS diantaranya sudah dimanfaatkan baik untuk pembelian obat, mendukung program hingga kegiatan kampanye. Menkes mengaku terkait penanganan HIV/AIDS kini muncul masalah baru karena kasusnya makin banyak ditemukan pada ibu rumah tangga dan anak-anak balita. (inung/yo)