Tuesday, 12 November 2019

Belum Terima Dana Klaim BPJS

34 Rumah Sakit Terancam Bangkrut

Rabu, 12 Maret 2014 — 19:36 WIB
syamsudin1

SUKABUMI (Pos Kota) – Sebanyak 34 rumah sakit umum daerah (RSUD) di Jawa Barat terancam kolaps alias bangkrut. Pasalnya, klaim tunggakan dari program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan maupun dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan belum diterima rumah sakit milik pemerintah tersebut. Padahal, dana tersebut sangat dibutuhkan rumkit untuk keperluan operasional.

Ketua Asosiasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia (Arsada) Jabar, Suherman hingga kini tunggakan Jamkesmas sejak Agustus hingga Desember 2013 lalu belum dibayar pemerintah pusat. Belum ditambah klaim kepada BPJS yang juga belum dibayarkan khususnya pada Januari dan Februari 2014.

“Kinerja rumah sakit sangat terganggu dengan belum adanya pembayaran dari Jamkesmas maupun BPJS. Soalnya rumah sakit butuh dana untuk pembelian obat dan gaji dokter serta karyawan,” kata Suherman yang juga Direktur Utama (Dirut) RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi.

Disebutkan Suherman, piutang Jamkesmas dan Jamkesda Kabupaten/Kota Sukabumi kepada rumah sakit yang dipimpinnya saat ini mencapai Rp 28 miliar. Awalnya, di Januari sempat mencapai Rp 45 miliar. Sementara untuk BPJS Kesehatan kata Suherman, pemerintah pusat baru membayarkan uang muka sekitar 50 persen dari nilai klaim. Total piutang BPJS pada Januari kepada RSUD R Syamsudin mencapai Rp 10 miliar.

Sehingga masih ada Rp 5 miliar yang belum dibayar BPJS Kesehatan. Sedangkan klaim pada Februari 2014 masih dalam tahapan verifikasi. (sule)