Wednesday, 20 November 2019

Warga Kalideres Diminta Waspada “Malaria Impor”

Senin, 24 Maret 2014 — 7:01 WIB
riaimpor

KALIDERES (Pos Kota) – Warga Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penyakit malaria impor. Jajaran aparat Kecamatan Kalideres bersama pihak Sudin Kesehatan terus melakukan sosialisasi soal penyakit mematikan tersebut.

Camat Kalideres, Ahmad Ya’la mengatakan sebenarnya di wilayahnya bukan daerah endemik malaria. Namun, karena ada warganya yang baru datang dari daerah endemik malaria dan terkena penyakit tersebut (malaria impor) sehingga patut diwaspadai dan harus dilakukan antisipasi.

“Malaria impor itu artinya penyakit yang dibawa oleh warga yang tinggal di wilayah Kalideres namun dia terkena penyakit malaria dari daerah endemik seperti dari Papua, Riau dan lain-lain,” jelasnya, Minggu (23/3).

Sebenarnya kasusnya terjadi akhir 2013, di mana di wilayah Kecamatan Kalideres terdapat lima kasus penyakit malaria impor.

Untuk itu warga diminta menjaga kebersihan lingkungan termasuk pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Bagi warga yang merasa mengalami gejala-gejala penyakit malaria, agar segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat. “Hingga Maret Tahun 2014 ini tidak ada kasus, diharapkan tidak terjadi kasus lagi,” ucap Ya’la. (tarta)