Sunday, 15 December 2019

Ingin Tahu Pandangan Masyarakat Soal Polisi Lewat Film

Sabtu, 29 Maret 2014 — 20:40 WIB
jampu

JAKARTA (Pos Kota) – Pandangan masyarakat terhadap kepolisian menjadi tujuan diadakannya ‘Police Movie Festival’ yang diprakarsai mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) angkatan 64.

Sepuluh film yang ditampilkan dalam festival film pendek berdurasi maksimal 5 menit ini yang diadakan di Gedung Mutiara, PTIK, Jaksel, Sabtu (29/3). Kesepuluh film itu merupakan hasil penyaringan dari 20 karya film pendek bertema polisi yang dikirim oleh masyarakat dan pembuat film pendek.

Dari 10 film ini juri yang terdiri dari praktisi film Indonesia memilih Juara I sampai Juara III untuk mendapatkan hadiah total Rp 25 Juta.

Juri yang menilai diantaranya adalah aktris kawakan Jajang C Noer, sutradara film Agung Sentosa, produser film Wahyu Aditya dan beberapa krikitus film dan sineas muda Indonesia.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Ronny F Sompie yang membuka festival ini menyatakan dari sebuah film akan dapat dilihat bagaimana kritik dan harapan masyarakat terhadap kepolisian.
Selain itu katanya dengan film, diharapkan masyarakat juga memahami bagaimana suka duka kinerja polisi di lapangan.

“Diharapkan, ada perubahan mindset baik masyarakat atau polisi itu sendiri ketika melihat tayangan film tentang polisi, serta bisa dijadikan sebagai kritik dan masukan,” kata Ronny .

Sementara AKP Hasby Ristama, Ketua Panitia Police Movie Festival 2014, mengatakan ini untuk pertama kalinya digelar. Menurutnya masa pendaftaran dan pengumpulan film pendek bertema polisi ini, 20 Januari – 26 Maret 2014.

Menurut Hasby dari 20 film yang ikut festival ini semuanya dibuat oleh masyarakat. Karenanya ia berharap dari film-film ini bisa diketahui bagaimana masyarakat melihat polisi dan diharapkan ada masukan dari masyarakat kepada polisi. (Yahya)

Teks : Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Ronny F Sompie saat membuka’Police Movie Festival’