Friday, 13 December 2019

Tekuk Bilbao 1-2, Atletico Madrid Kokoh di Puncak Klasemen

Minggu, 30 Maret 2014 — 6:43 WIB
mokmok

BILBAO (Pos Kota)- Persaingan menuju puncak juara La Liga Spanyol terus memanas. Tiga tim masih terus berburu asa. Antara Atletico Madrid dan Barcelona saling susul. Barca yang menang atas Espanyol 1-0 sempat naik ke puncak klasemen namun hanya dua jam bertahta kembali digusur oleh Atletico Madrid yang menag 2-1 atas Atletico Bilbao. Dengan demikian sepanjang akhir pekan ini Atleti akan terus di singgasana.

Seperti biasa Diego Costa masih saja jadi momok. Pemain kelahiran Brasil ini bersama Koke mencetak dua gol menentukan ke gawang Atletici Bilbao. Dengan hasil ini Atletico Madrid meraih poin 76 unggul 1 poin dengan Barca yang memiliki poin 75.

Menghadapi tuan rumah, pasukan Diego Simeone tidaklah mudah. Bahkan sempat tertinggal pada menit-6 berkat gol Iker Muniain . Gol tersebut diselesaikan Munian memanfaatkan umpan matang Aritz Aduriz. Lewat kaki kana Munian melepaskan tendangan ke sudut kiri atas gawang Thibaut Courtois.Keduduka 1-0 untuk tuan rumah.

Tertinggal satu gol membuat Atletico meningkatkan serangan. Pada menit ke-8, Diego Costa mendapatkan peluang, tetapi tendangannya masih melebar dari sasaran. Berulangkali Diego Costa dan kawan-kawan membombardir gawang Bilbao yang dikawal Gorka Iraizoz.

Gol yang ditunggu-tunggi oleh Atletico Madrid akhirnya tercipta pada menit ke-22. Diego Costa berhasil menyelesaikan umpan Koke. Dari tengah kotak pinalti, Costa melesatkan si kulit bundat ke sudut kiri gawang Gorka Iarizoz, Kedudukan 1- 1.

Sepanjang babak pertama terjadi jual beli serangan. Bilbao juga sesekali menekan pertahanan Atletico. Namun hingga babak pertama usai tetap kedudukan 1-1.

Memasuki babak kedua Atletico yang tidak mau memperoleh hasil imbang terus menekan Bilbao. Meski hanya menguasai bola 44 persen, namun Diego Costa dan kawan-kawan mampu melepaskan 10 kali tendangan percobaan dengan tiga tembakan akurat.

Oleh karena itulah setelah 10 menit babak kedua berjalan, tepatnya pada menit ke-55, Atletico akhirnya unggul lewat gol Koke. Gol tercipta lewat sundulan kepala berawal ketika Filipe Luis melepaskan umpan crossing ke arah depan gawang Bilbao.Koke yang berlari masuk ke dalam kotak penalti, kemudian menyambar kembali bola itu dengan kepala. Kini Atletico memimpin 2-1.

Pada menit ke-86 Bilbao harus bermain 10 orang setelah Aymeric Laporte mendapatkan kartu kuning kedua akibat melanggar Costa. Sampai peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 tetap bertahan.(B)

Diego Costa kembali jadi pahlawan Atletico Madrid (reuters)