Monday, 21 October 2019

Diklaim Bukan Dari Blok G

Jualan di Pinggir Jalan , Pedagang Kaki-5 di Tanah Abang Didenda Rp 100 Ribu

Jumat, 4 April 2014 — 7:50 WIB
tiblima

TANAH ABANG (Pos Kota) – Pedagang Kaki-5 di kawasan Stasiun Tanah Abang, Jalan Jatibaru dan Fachruddin lari tunggang langgang ketika tim penertiban terpadu Pemerintah Kota Jakarta Pusat menggelar operasi yustisi.

Operasi digelar sehubungan adanya isu bahwa pedagang Blok G Pasar Tanah Abang, kembali berjualan di trotoar dan bahu jalan. “Namun, dari hasil operasi, ternyata mereka bukan pedagang Blok G. Tapi pendatang baru yang ingin berjualan di pinggir jalan,”ujar Sekretaris Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, yang memimpin operasi yustisi tersebut, Kamis (3/4) kemarin.

Sebanyak 15 pedagang digiring petugas ke Kantor Kecamatan Tanah Abang, untuk mengikuti sidang tindak pidana ringan yang dipimpin Hakim Jamaluddin Samosir dan Jaksa Joko Pramurdianto.

Pedagang makanan, minuman, rokok, dan penjaja koran, yang barang dagangannya disita petugas mengikuti persidangan dengan tertib. Beberapa pedagang sempat terkejut dan keberatan ketika hakim memberikan denda Rp 100 ribu per pedagang. Mereka pun meminta keringanan.

“Pak Hakim, saya mohon ada keringanan. Denda 100 ribu sangat berat bagi saya. Saya baru berjualan, belum ada pembeli,”ujar Arifin, yang tertangkap petugas sedang berjualan makanan di depan Stasiun Tanah Abang.

Namun, hakim bergeming. “Saudara sudah tahu lokasi itu dilarang untuk berjualan. Namun, tetap saja menggelar dagangan di sana. Denda tidak bisa saya turunkan, tetap seratus ribu rupiah,”ujar hakim dengan tegas.

Arifin pun terpaksa mengambil dompet dan saku belakang celananya. Dengan uang receh yang ada di dompetnya, ia membayar vonis denda hakim kepada petugas. “Dari pada dipenjara, sudahlah bayar denda aja,”ujarnya dengan nada getir.

Beberapa pedagang lainnya pun sempat pucat pasi ketika mendengar keputusan hakim mendendanya sebesar Rp100 ribu. “Kapok dah jualan di jalan. Seratus ribu melayang, padahal modal belum kembali,”ujar satu pedagang sambil ngeloyor pergi sehabis membayar denda. (bambang)

Kaki-5 di Tanah Abang berulang kali ditertibkan

Terbaru

Kasatpol PP Jakarta Selatan Ujang Hermawan.  (wandi)
Senin, 21/10/2019 — 8:55 WIB
Soal Panti Pijat Plus-Plus, Satpol PP Siap Sidak
Ilustrasi
Senin, 21/10/2019 — 8:45 WIB
Putus Sudah Urat Malunya
Joko Widodo mengucapkan sumpah jabatan saat pelantikannya sebagai Presiden RI periode 2019-2024. (timyadi)
Senin, 21/10/2019 — 8:17 WIB
Jangan Asal Pilih Menteri
Ilustrasi
Senin, 21/10/2019 — 8:04 WIB
Pemuda Curi HP Penghuni Rumah yang Tidur Pulas