Wednesday, 23 October 2019

Bebas Malaria, 200 Kabupaten Dapat Sertifikasi

Senin, 7 April 2014 — 17:08 WIB
sermala

JAKARTA (Pos Kota)- Kementerian Kesehatan akan memberikan sertifikasi pencapaian bebas malaria kepada 200 kabupaten/kota di Indonesia. Sertifikasi tersebut diberikan setelah 200 kabupaten tersbut berhasil mengeliminasi kasus malaria kurang dari 1 per 1000 penduduk dalam 3 tahun berturut-turut.

“Dalam tiga tahun tersebut juga tidak ada kasus malaria di kabupaten maupun kota yang ditunjuk,” papar Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes Prof dr Tjandra Yoga Aditama, Senin (7/4).

Dengan diserahkannya sertifikasi bebas malaria kepada 200 kabupaten/kota maka kata Tjanda, itu berarti sekitar 50 persen atau separuh penduduk Indonesia telah bebas malaria. Sedang sisanya akan diupayakan sesuai target Millenium Development Goal (MDGs) pada 2015.

Hingga kini Kemenkes kata Tjandra masih terus berupaya membasmi penyakit akibat gigitan nyamuk itu, tertuama di daerah dengan kasus malaria yang tinggi. Misalnya ada program akselerasi (Mass Blood Survey, kampanye dengan pembagian kelambu secara gratis dan Annual Parasite Index) di 52 Kabupaten/Kota di wilayah yang terjangkit malaria tertinggi. Kemudian program intensifikasi di 112 Kabupaten/Kota di wilayah fokus malaria juga program eliminasi di 337 Kabupaten/Kota yang endemisnya rendah. (inung)