Monday, 14 October 2019

Beli Mobil Damkar, Pemkot Tangsel Siapkan Rp 4 Miliar

Senin, 7 April 2014 — 23:31 WIB
bilkaran

TANGSEL (Pos Kota) –Ancaman kebakaran makin besar dengan penambahan hunian dan jumlah penduduk. Untuk mengantisipasinya, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan menambah empat unit armada pemadam kebakaran (Damkar) baru tahun ini.

Kepala Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangsel Agus Budi Darmawan mengatakan, empat unit armada baru tambahan itu berkapasitas 3000 liter. Nilai total anggaran pembeliannya Rp4,5 miliar. “Sekarang sedang proses lelang, rencananya armada tersebut mulai dioperasikan pada September 2014,” katanya, Senin (7/4).

Saat ini Tangsel memiliki 10 unit Damkar yang terdiri 6 unit mobil tangki pemadam serta sisanya mobil komando dan rescue. Dengan penambahan empat armada baru itu jumlahnya jadi 14. Tapi ini belum ideal untuk menjaga Kota Tangesl dari bahaya kebakaran.

“Idealnya Tangsel yang terdiri dari tujuh kecamatan minimal harus punya 21 armada Damkar. Dengan luas wilayah Tangsel saat ini, butuh banyak armada pemadam,” katanya lagi.

Jumlah kasus kebakaran mulai Januari hingga awal Maret 2014, di kawasan tangesl 16 kasus kebakaran dengan kerugian ratusan juta. Kasus paling banyak terjadi di Kecamatan Pondok Aren, Pamulang dan Serpong. Untuk penyebab kebakaran paling banyak di Tangsel akibat korsleting listrik. “Semakin berkembang permbangunan di suatu daerah, maka tingkat kerawanaan kebakarannya semakin tinggi,” katanya.(anton/us)

Foto ilustrasi

  • untung

    awas markup

  • untung

    awas markup