Thursday, 14 November 2019

Indonesia Optimis Taklukkan Hong Kong

Rabu, 9 April 2014 — 13:54 WIB
kuning1

ALOR STAR – Tim bulutangkis Indonesia berhasil melaju ke perempatfinal Kejuaraan DJunior Dunia BWF 2014 dengan predikat sebagai juara sub Gurp X1, usai mengandaskan perlawanan Jerman 5-0 pada pertandingan terakhir babak penyisihan, Selasa (8/4) kemarin. Di Perempatfinal, Rau (9/4), Jonatan Christie cs optimis bisa melewati hadangan Hong Kong yang lolos sebagai juara sub Grup X2 untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

Di atas kertas, tim junior Merah-Putih yang merupakan unggulan ketiga, lebih difavoritkan untuk memenangkan laga ini ketimbang Hong Kong yang ada di urutan kedelapan daftar unggulan. Pada ajang Kejuaraan Junior Asia 2014 di Taiwan, Indonesia pernah mengalahkan Hong Kong di babak penyisihan grup dengan skor 4-1. Kala itu Indonesia kecolongan di nomor ganda campuran lewat kekalahan pasangan Rafiddias Akhdan Nugroho/Nisak Puji Lestari atas Chung Yonny/Ng Tsz Yau, 17-21 dan 10-21.

Namun tidak wajib mewaspadai sektor ganda campuran, Indonesia juga harus bersiap di nomor tunggal putra. Kemungkinan besar, Hong Kong akan menurunkan Lee Cheuk Yiu, tunggal putra andalannya. Lee tercatat pernah mengalahkan Jonatan Christie yang merupakan pemain tunggal putra terbaik Indonesia. Di nomor perseorangan Asia Junior Championships 2014, Lee mengalahkan Jonatan lewat pertarungan rubber game, 10-21, 21-19, 21-16.

“Kami optimis bisa mengalahkan Hong Kong. Kalau melihat peta kekuatan lawan, seharusnya kami bisa menang 5-0. Tetapi setidaknya skornya minimal seperti pertemuan terakhir di AJC 2014. Mengenai kekalahan sebelumnya di ganda campuran dan tunggal putra, sudah menjadi bahan diskusi bersama tim pelatih. Untuk Jonatan, saya yakin dia bisa membalas kekalahan, kami tidak mau terlalu membebani Jonatan, supaya dia bisa bermain lebih lepas,” kata manajer tim Indonesia, Maria Fransisca.

Sama seperti pada laga melawan Jerman di pertandingan penyisihan sub Grup X-1, Indonesia kembali menurunkan pemain-pemain terbaik di laga melawan Hong Kong. Jonatan Christie kembali diturunkan sebagai motor tim. Selain Indonesia dan Hong Kong, Tiongkok, Korea, Jepang, Malaysia, Thailand, dan Taiwan, juga akan akan saling memperebutkan tiket ke babak semifinal. Pertandingan babak perempatfinal akan dilangsungkan mulai pukul 17.00 waktu setempat. (junius/yo)

Teks foto: Pemai muda bulutangkis Indonesia. (junius)