Sunday, 15 December 2019

Jalur Pantura Rusak Ditanami Pohon Pisang

Kamis, 10 April 2014 — 12:55 WIB
pisang1

INDRAMAYU (Pos Kota) – Jalur Pantura di Indramayu yang rusak parah di sejumlah titik memunculkan keprihatinan warga. Jalan yang rusak itu sering mencelakakan  pengendara. Khususnya roda dua yang jatuh tersungkur terperosok jalan berlubang.

Untuk memberi tanda atau peringatan agar jalan yang berlubang itu tidak dilalui pengendara motor, warga Blok Cilet, Desa Karanganyar, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu, Jabar, Kamis (10/4) menanam pohon pisang di tengah jalan.

Kondisi tanaman pisang itu sendiri tampak tumbuh subur. Daunnya segar berwarna hijau. Jika terkena hembusan angin saat kendaraan yang melintas daunnya melambai-lambai. Seakan memberi tanda atau peringatan.

“Dengan adanya tanaman pohon pisang di badan jalan itu, pengendara menjadi tahu posisi jalan berlubang, Yang jelas, pengendara terbantu. ” kata Yitno, 21 mahasiswa yang kebetulan melintasi jalan rusak yang ditanam pohon itu.

Diseburkan, jalan rusak berlubang sering menceelakakan pengendara motor. Terlebih malam hari yang gelap bahkan ditambah turun hujan.

“Jalan rusak berlubang itu wah kondisinya membahayakan keselamatan warga Karena itu dengan adanya warga yang berpartisipasi memasang tanda peringatan bahaya laka lantas itu kami pengendara  motor sangat berterima kasih,” katanya.

Walaupun penanaman pohon pisang di tengah badan jalan nasional itu membuahkan ketersinggungan instansi terkait. Khususnya jajaran Ditjen Bina Marga yang dinilai lamban mengatasi kerusakan jalan di Jalur Utama Pantura Indramayu.

(taryani/sir)