Tuesday, 19 November 2019

Jalur Pantura Eretan Rusak Parah

Sabtu, 12 April 2014 — 9:25 WIB
pantura1

INDRAMAYU (Pos Kota) – Titik kerusakan jalan di sepanjang Jalur Pantura bertebaran dimana-mana. Namun titik kerusakan terparah berada di Jalur Pantura Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu, Jabar.

Titik kerusakan jalan di Desa Eretan Wetan itu berada di sekitar pasar tumpah Eretan yang pada pagi hari biasanya dipadati pembeli dan pedagang. Akibatnya, antrean kendaraan yang melintas daerah itu mencapai belasan kilometer.

Sayangnya, titik kerusakan jalan di Desa Eretan Wetan itu hingga kini belum tersentuh perbaikan. Padahal titik kerusakan jalan nasional itu sering dikeluhkan warga karena sering membahayakan keselamatan pengendara.

Panjang jalan yang rusak parah dan perlu segera diperbaiki itu mencapai sekitar 300 meter. Lapisan permukaan aspal terkelupas dan membentuk kubangan. Jika dilalui, kendaraan akan terguncang.

“Kalau malam hari keadaanya gelap. Membahayakan pengguna jalan, terutama yang menggunakan sepeda motor,”  kata Edi Nurcahya, 46 warga sekitar. Ia berharap pemerintah pusat memperbaiki jalan yang rusak parah itu.

Buntut dari kerusakan jalan tersebut, kendaraan yang akan bertolak ke Jawa Tengah atau Jawa Timur harus sabar menunggu antrean hingga berjam-jam. Ini dirasakan oleh Heri Haerudin yang akan berangkat ke Purbalingga, Jawa Tengah.

Dirinya yang berangkat dari Jakarta pada Jumat (11/4) siang sekira pukul 14.00 WIB, baru di Cirebon sekitar pukul 23.00 atau hampir 9 jam perjalanan. “Benar-benar parah kerusakan jalannya. Apalagi di Ciasem, Subang, sama saja masih rusak. Kami mohon secepetnya diperbaiki. Apalagi ini mau mendekati puasa,” ujar pria asal Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (12/4). (taryani/yo)

Teks foto: Jalur Pantura rusak parah dan belum diperbaiki. (taryani)