Saturday, 16 November 2019

Timnas U-19 Indonesia Sukses Balas Tekuk Oman 2-1

Sabtu, 12 April 2014 — 5:51 WIB
ilustimnas

OMAN -Timnas U-19 sukses membekuk Timnas U-19 Oman dengan skor  2-1 dalam laga persahabatan negara Timur Tengah itu, Jumat malam. Kedua gol Indonesia diciptakan pada babak kedua, masing-masing oleh  Faturohman melalui tendangan pinalti pada menit 57, dan tandukan Dimas Drajat menit 89.

Kemenangan Timnas ini sekaligus membalas kekalahan dari tim yang sama dalam pertandingan dua hari sebelumnya, juga dengan skor  2-1.

Pada babak pertama, pasukan Oman menekan pemain-pemain Indonesia, karena Timnas U-19 belum mampu menunjukkan permainan terbaiknya. Beberapa tekanan Oman membuat kubu Indonesia harus bertahan, beruntung barisan belakang kita masih mampu bermain rapat.

Namun demikian, Indonesia bukan tidak punya peluang. Menit 11 Maldini dijatuhkan pemain Oman sedikit di luar kotal pinalti. Sayang tendangan bebas yang diambil Evan Dimas belum mampu menembus gawang Indonesia.

Menit 14, dari sisi kiri, Ilham Udin Armayn mendapat peluang emas, satu tendangannya agak lemah dan melenceng justru ke sisi kanan gawang Oman.
Menit 16 Oman mendapat tendangan bebas sekitar 3 meter di luar kotak pinalti, namun tendangan keras yang dilakukan satu pemainnya membentur benteng pertahanan pemain-pemain Indonesia.
Setelah itu, pasukan Oman terus menekan pasukan Timnas Indonesia. Pemain nomor 8 dari Oman pada menit 17 satu tendangan keras berhasil diblok oleh kiper Rafi Murdianto.

Satu lagi tendangan bebas dari sisi kanan tak jauh dari kotak pinalti oleh pemain nomor 2, tepat mengarah ke kiper Rafi, dan berhasil diblok yang kemudian menghasilkan tendangan pojok buat Oman.

Indonesia ganti membalas. Menit ke 41, satu tendangan Muchlis mengarah gawang, namun karena terlalu lemah, akhirnya bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper Oman. Indonesia kembali mendapat kesempatan, saat Evan Dimas melepaskan tendangan terarah ketika penjaga gawang Oman sudah maju dan bertabrakan dengan sesama rekan satu tim. Sayang, tendangan Evan masih terlalu lemah dan diselamatkan dengan sundulan oleh pemain belakang Oman.
Babak Kedua, Indonesia berhasil menunjukkan penampilan sebenarnya.

Satu umpan panjang ke Ilham Udin, ini kemudian membuat kemelut di depan gawang Oman. Para pemain belakang mereka yang mengepung Ilham, justru membuat kesalahan dengan handsball di kota pinalti. Wingback Faturohman sukses mengambil tendangan pinalti, 1-0 untuk keunggulan untuk Timnas Indonesia.
Satu umpan menusuk Evan Dimas kepada Ilham, hanya saja bola terlalu kencang dan lebih dulu dikusai kiper Bilal.
Menit 74 Oman berhasil menyamakan kedudukan pada menit 74 setelah tendangan pojok yang diteruskan oleh sundulan kepala pemain pengganti Fuad Al Kadi.
Satu tusukan dari sisi kanan Oman di menit 89 oleh pemain pengganti Septian David Maulana dan diakhiri dengan satu tendangan kiri, bola menghntam mistar atas, pantulan bola disambut tandukan oleh Dimas Drajad, yang membuahkan gol kemenangan 2-1 buat Indonesia.
Setelah ini, Timnas U-19 indonesia terbang ke Bahrain untuk lawatan pertandingan persahabatan. (winoto)