Monday, 16 December 2019

Demi Normalisasi Kali Sentiong, Dipo Sampah Dibongkar

Senin, 21 April 2014 — 16:13 WIB
diposampah

KEMAYORAN (Pos Kota) – Dipo sampah Son Haji di belakang Jubilee School Kemayoran akan dibongkar seluruhnya. Saat ini petugas proyek normalisasi Kali Sentiong baru membongkar puluhan gubuk pemulung dekat dipo yang masuk wilayah Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran.

“Walikota Jakarta Pusat sudah setuju kalau dipo ini nantinya dibongkar karena untuk jalan inspeksi Kali Sentiong,” ujar Kordinator Normalisasi Waduk dan Sungai, Heryanto, Senin (21/4). Ia menanggapi keluhan warga yang memprotes pembongkaran dipo sampah dan bangunan sekitarnya ke Pemprov DKI Jakarta.

“Tapi saat ini kami belum membongkar dipo tersebut. Kami baru membongkar puluhan gubuk yang sebelumnya dibangun oleh oknum lalu disewakan kepada pemulung,” ungkap Heryanto menambahkan pembongkaran dilakukan tim gabungan jajaran Pemprov DKI maupun Walikota Jakpus beberapa hari lalu. Sejumlah bangunan liar itu dibongkar sebagai bagian dari proyek normalisasi Kali Sentiong meliputi pengerukan lumpur, pengecoran tanggul, pembuatan jalan inspeksi berikut penerangan dan taman.

“Untuk bangunan dipo dibongkar pada tahap berikutnya dan sudah disetujui pihak walikota,” papar Heryanto menambahkan kini mulai dikerjakan proyek lanjutan Kali Sentiong di Jalan Danau Sunter dari lampu merah Jubilee School sampai perbatasan Jalan RE Martadinata, Tanjung Priok.

Atas kejadian ini, Wakil Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji meninjau lokasi dipo tadi. Keberadaan dipo ini dibutuhkan masyarakat sekitar untuk penampungan sampah sementara. “Kedatangan saya ke sini menindaklanjuti keluhan warga sekaligus untuk merapikan ceceran sampah agar semuanya masuk ke dipo,” papar Adji menambahkan dipo ini mungkin cuma akan dibongkar sebagian.

“Meski terpotong untuk jalan inspeksi dan RTH, tapi masih tersisa lahan yang bisa digunakan untuk dipo yang sangat dibutuhkan masyarakat,” kata Adji. (Joko)

Teks : Proyek normalisasi Kali Sentiong, akan membongkar total dipo sampah Son Haji di belakang Jubilee School, Kemayoran