Thursday, 21 November 2019

Demokrat Harus Segera Tentukan Hasil Konvensi Capres

Selasa, 22 April 2014 — 7:10 WIB
lanjutkan

JAKARTA (Pos Kota) – Pengamat Politik dari Universitas Indonesia,Maswadi Rauf, menilai keputusan SBY melanjutkan Konvensi Capres Partai Demokrat akan menentukan posisi Partai Demokrat menjadi pimpinan koalisi atau oposisi.Dia pun menyarankan SBY untuk segera menyelesaikan proses konvensi dan menetapkan langkah apakah akan membentuk poros baru atau hanya akan menjadi penonton pada pilpres mendatang.

“Konvensi ini nampaknya dilakukan agar rakyat dapat memilih pilihan lain selain pilihan yang ada saat ini. Untuk itu saya menyarankan agar proses konvensi ini segera diselesaikan dan PD dapat menentukan langkah koalisi.Konvensi akan menentukan posisi PD untuk menjadi pimpinan koalisi atau akan hanya jadi penonton saja,” ujar Maswadi ketika dihubungi wartawan, Senin (21/4).

Jika SBY telat menutup proses konvensi, maka yang terjadi bisa jadi PD akan ketinggalan kereta karena sudah tidak ada lagi partai yang akan berkoalisi dengan PD. “Ini masalah momentum saja.Kalau mau pimpinan koalisi harus segera merapatkan barisan.Kalau semua partai sudah diambil oleh Golkar, PDIP dan Gerindra, maka PD tinggal gigit jari saja dan melupakan posisi capres atau cawapres,” imbuhnya.

Jikapun telah memutuskan partner koalisi, SBY tambahnya tetap harus memutuskan apakah tetap ingin bergabung dalam pemerintahan pemenang pemilu atau menjadi oposisi. “Kalau SBY bergabung dengan pemenang pemilu, paling dia hanya bisa mendapatkan posisi mentri yang kemungkinan akan diambil dari peserta konvensi itu sendiri,” tandasnya. (prihandoko)