Wednesday, 16 October 2019

Warga Rawa Badak Selatan Berharap Dibangun Puskesmas

Selasa, 6 Mei 2014 — 18:39 WIB
badaksele

KOJA (Pos Kota) – Warga Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, mendesak pemerintah membangun gedung Pusat Kesehatan Masayarakat (Puskesmas) yang layak. Pasalnya sejak adanya pemekaran wilayah tahun 1996 hingga saat ini belum memiliki puskesmas sendiri. Puskesmas yang ada sekarang ini kondisinya, selain kumuh dan kotor juga berada di gang sempit sehingga warga kesulitan saat akan masuk untuk berobat.

“Kami selama ini kalau mau berobat kesulitan, karena gangnya terlalu sempit berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk. Jangannya bawa mobil, motor saja susah parkir,”kata Maimunah, 35, warga RT 01/04, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara.

Warga Rawa Badak Selatan ini berharap pemerintah segera membangun gedung yang baru dan layak untuk dijadikan sebagai tempat pusat kesehatan masyarakat.

Saat ini jika, warga yang ingin memeriksakan kesehatan harus ke Puskesmas Rawa Badak Utara. Kemudian sejak setahun belakangan ini, pihak Sudin Kesehatan menyewa rumah yang disulap jadi Puskesmas. Letaknya berada di tengah sejumlah kontrakan warga di Jl K II, RT 09/05, Kelurahan Rawabadak Selatan.

“Kita mau masuk harus lewati rumah orang dulu. Sudah begitu ruangannya sempit dan tidak seperti puskesmas,” keluh Endang 30 warga lainnya, Selasa (6/5).

Staf Puskesmas, Izal, mengakui layanan yang diberikan selama di kontrakan belum maksimal. Pihaknya terpaksa mengoptimalkan ruangan yang ada sebagai tempat pelayanan.
“Hampir setiap hari rata-rata, masyarakat yang berobat antara 50 hingga 60 orang. Ya mau bagaimana lagi, kita sudah mengoptimalkan ruangan yang ada,” ujarnya.

Lurah Rawa Badak Selatan, Sutarjo, mengakui bahwa kondisi Puskesmas di wilayahnya memprihatinkan. Atas kondisi ini, pihaknya mengusulkan agar dibangun di komplek stadion Rawa Badak. Namun, sejauh ini belum realisasi, mudah-mudahan dalam dekat akan ada keputusannya.

“Saya sudah berupaya mencari lokasi, alternatifnya yakni di komplek Stadion Rawa Badak. Namun, sejuah ini belum juga ditanggapi. Kami berharap secepatnya ada keputusan,” terangnya.

Walikota Jakarta Utara, Heru Budi Hartono, mengakui pihaknya mendapat usulan dari pihak Kelurahan Rawa Badak Selatan terkait permintaan lahan pembangunan gedung puskesmas. “Saya sudah menyampaikan usulan tersebut ke BPKD dan Dinas Olah Raga selaku pemilik lahan. Mudah-mudahan usulan ini segera disetujui,”katanya.

Pembangunan Puskesmas ini ini demi pelayanan untuk masyarakat seharusnya tidak ada masalah. Saya berharap Dinas Olah Raga selaku pemilik lahan bisa segera meresponnya. (Wandi)

Teks : Lokasi puskesmas yang berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk

Terbaru

Kabid Humas Polda Metrp Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan. (firda)
Rabu, 16/10/2019 — 16:08 WIB
Terkait Narkoba, Polisi Tangkap Sutradara
Petugas Damkar saat melakukan pendinginan di lokasi kebakaran. (m4)
Rabu, 16/10/2019 — 15:27 WIB
Api Lumat Tiga Rumah di Pesanggrahan