Friday, 22 November 2019

Legitimasi Hasil Pemilu 2014 Rendah

Sabtu, 10 Mei 2014 — 4:34 WIB
pemilu1

JAKARTA (Pos Kota) – Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) menilai legitimasi kekuasaan hasil Pemilu 2014 kualitasnya sangat rendah. Sebab, dalam penyelenggaraan Pemilu kali ini terjadi kecurangan yang masif dan luara biasa di hampir seluruh Indonesia.

“Legitimasi kekuasaan melalui pemilu kali ini masih pantas, tapi kualitasnya sangat rendah. Rakyat siap berdemokrasi, tapi penyelenggaranya, seperti KPU, Bawaslu, dan pemerintah, tidak siap, banyak kecurangan,” kata Wasekjen KIPP Girindra Sandino, di DPD RI, Jumat (9/5).

Menurut dia, kemenangan wakil rakyat sekarang ini bukan hanya ternoda, tetapi lambat atau cepat akan terancam legitimasi politiknya. Untuk itu perlu ditempuh langkah-langkah strategis untuk optimalisasi peran teknis mereka, dan juga perbaikan total lembaga penyelenggara pemilu.

“Tingkat kepercayaan rakyat terhadap wakil rakyat yang terpilih saat ini saya rasa sangat rendah, demikian pula kepercayaan terhadap penyelenggara Pemilu. Makanya perlu langkah-langkah dari mereka terpilih untuk menunjukkan kinerja yang bagus,” ujarnya. (winoto)