Tuesday, 19 November 2019

KPU Umumkan Hasil Tes Kesehatan Capres dan Cawapres 24 Mei

Kamis, 22 Mei 2014 — 15:19 WIB
jokowi-jk-tes-kesehatan

JAKARTA (Pos Kota) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan  mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan calon presiden (capres)  dan calon wakil presiden (cawapres)  yang dilakukan tim dokter spesialis pada 24 Mei 2014.

Soal  lolos atau tidaknya pasangan capres-cawapres menjalani tes kesehatan tersebut merupakan mutlak  wewenang penuh tim dokter.
“Dokter yang menentukan lolos tidaknya. Kita hanya menerima hasil akhir,” kata anggota KPU, Ferry Kurnia Rizkiansyah,  Kamis (22/5).

Ferry mengatakan, jika ada salah satu dari pasangan capres-cawapres yang dinyatakan tidak lolos tes kesehatan, KPU memberikan waktu tiga hari bagi partai koalisi pengusung capres-cawapres untuk menggantikannya.

Ia menegaskan, KPU tak memiliki hak untuk mengutak-atik hasil pemeriksaan dokter. “Tanggal 24-26 Mei itu masa perbaikan, baru tanggal 31 Mei KPU pasangan bakal capres-cawapres resmi menjadi calon,” ujarnya.

Ferry mengatakan, pasangan capres-cawapres dijadwalkan untuk mengambil nomor urut pada 1 Juni 2014. Setelah itu, mereka akan membuat pernyataan deklarasi kampanye berintegritas pada 3 Juni 2014. “Mereka akan mulai kampanye pada 4 Juni sampai 5 Juli 2014. Selama itu, kami akan mengadakan debat capres-cawapres, dua kali untuk capres, dua kali untuk cawapres, dan satu kali untuk berpasangan,” ujarnya. (rizal/yo)

Teks foto: Jokowi dan Jusuf Kalla ikuti tes kesehatan di RSPAD Gator Subroto. (timyadi)