Thursday, 12 December 2019

Amankan Pilpres, TNI Siap Bantu Polri

Minggu, 25 Mei 2014 — 22:16 WIB
Latgab 2014-01n

JAKARTA (Pos Kota) – TNI memang tidak secara langsung mengamankan Pemilihan Presiden (Pilpres), namun selalu menyiapkan diri untuk untuk membantu Polri.

“Untuk Pilpres sudah oke semua. TNI secara keseluruhan pada posisi lebih siap daripada kemarin. Ini masih ada waktu sebulan lagi,” kata Panglima TNI Jendral Moeldoko di Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (25/5).

Panglima menjelaskan, pada Pileg April 2014 lalu, TNI sudah membuktikan bertindaak netral. Hal itu pun sudah terangkum dalam peraturan undang-undang Pemilu. Adapun dalam UU Pilpres, masalah netralitas TNI belum ada. Sebab, yang berlaku untuk Pilpres 2014 ini masih menggunakan UU Pilpres 2008, yang hanya menyatakan netralitas TNI untuk Pemilu 2009.

TNI akan mengikuti aturan UU yang ada, kalau ada aturan yang baru, tentunya juga diikuti. Seperti halnya soal Perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti UU) soal Netralitas TNI yang akan diterbitkan Presiden.

“Perppu netral itu TNI diatur tidak memilih sampai 2009, 2014 tidak diatur. Saran saya, untuk Pilpres diatur agar TNI tetap berposisi netral. Itu Perppu-nya bagian dari 4 poin yang di-endorse Kemendagri, TNI netral sudah terbukti,” ungkapnya. (winoto/d)