Friday, 13 December 2019

Pelaku Alami Tekanan Jiwa

Miskin Jadi Penyebab, Pembuang Bayi Ternyata Ibunya Sendiri

Selasa, 17 Juni 2014 — 13:31 WIB
bayy1i

DEPOK (Pos Kota) – Pelaku pembuang bayi laki-laki di depan bengkel Elsa motor Jalan Abdul Wahab, RT.03/09, Kel.Sawangan Lama, Kec. Sawangan Kota Depok, Selasa (17/6) dini hari diketahui dilakukan oleh ibu kandungnya. Kemiskinan menjadi penyebab sang ibu tersebut tega membuang buah hatinya.

Menurut Bidan Nani Herawati yang merawat sang bayi mengatakan bahwa hal tersebut terungkap setelah seorang laki-laki bernama Wapriudin, 25, yang mengaku sebagai ayah bayi datang ke tempatnya subuh tadi sekitar pukul 5.30 wib.

“Bersama kader Posyandu dan tokoh masyarakat serta Ketua RT 03/09, bapak tersebut mengaku sebagai orang tua dari bayi itu. Dan memang dibenarkan bahwa bayi itu anak dari bapak tersebut,” ungkap Nani, Selasa (17/6).

Dari pengakuan sang ayah, Nani menceritakan bahwa pelaku pembuang bayi tidak lain adalah ibunya bernama Nuryani alias Yani, 25. Pelaku diketahui mengalami gangguan jiwa akibat kemiskinan yang menghimpit kehidupannya.

“Memang kondisi kejiwaan pasiennya tersebut sedikit terganggu dan berdasarkan keterangan keluarga sempat dirawat di RS Jiwa Cilendek Bogor,” ungkapnya.

Sementara itu, Dolen paman pelaku, membenarkan bahwa Yani yang merupakan keponakannya tersebut mengalami gangguan jiwa. “Sebenarnya keponakan saya Yani tidak gila. Hanya saja memang mengalami tekanan jiwa akibat masalah ekonomi yang terjadi di keluarganya. Suaminya hanya sopir sembako di Bhakti Karya Sawangan,” ujar Dolen. Bahkan Eka Murdianto, 12, anak pertamanya tidak sekolah lantaran tidak memiliki biaya.

Lebih lanjut Dolen menceritakan kronologis hilangnya bayi berusia 40 hari yang diketahui bernama Albi bermula ketika Wapriudin alias Jepri, 25, bangun tidur dan mendapati anak ketiganya itu bersama sang istri tidak ada di kamar. Setelah sempat mencari-cari hampir lima jam kemudian sekitar jam 05:00 warga mengetahui bahwa bayinya sudah di dititipkan di Bidan Nani.

Sebelumnya banyak yang menduga bayi Albi dibuang dari sebuah mobil Toyota Avanza berwarna abu-abu. Hal itu berdasarkan keterangan saksi-saksi di tempat kejadian.

(angga/gnp)