Friday, 06 December 2019

Satu Gol Nigeria Singkirkan Bosnia Herzegovina

Minggu, 22 Juni 2014 — 7:25 WIB
Nigeria's goalkeeper Vincent Enyeama makes a save during the 2014 World Cup Group F soccer match between Nigeria and Bosnia at the Pantanal arena

CUIABA – Di luar perhitungan Nigeria tinggal selangkah lagi masuk babak 16 besar setelah mengalahkan Bosnia Herzegovina dengan 1-0 di penyisihan Grup F Piala Dunia 2014.

Gol tunggal dicetak Peter Odemwingie pada babak pertama. Kemenangan ini membuat Nigeria mengumpulkan empat poin setelah pada laga sebelumnya bermain seri melawan Iran. Sedangkan peluang Bosnia harus pulang cepat karena hanya mendapat satu angka dari dua laga yang dijalaninya.

Usai jeda, Bosnia berupaya menekan. Serangan dibangun melalui Dzeko dan Pjanic. Tapi tekanan bertubi-tubi itu tak juga membuahkan hasil. Nigeria memang lebih rapat menjaga daerah prtahanannya bahkan nyaris semua pemain mundur membantu pertahanan.

Meski begitu, bila ada kesempatan Nigeria cepat menyerang balik. Abatuunde mendpat peluang untuk mencambah gol tapi tendangan kerasnya di luar kotak penalti mudah saja dipatahkan Begovic. Begovic kembali melakukan penyelamatan dengan mematahkan tendangan keras Emenike.

Pada menit 70, Bosnia menyerang lelalui sayap. Tapi tetap saja Dzeko belum bisa menceta gol untuk timnya. Tekanan Pjanic yang juga masih mudah dipatahkan kiper Enyeama. Sementara itu, Nigeria mengandalkan tendangan jarak jauh untuk menambah golnya.

Jelang laga berakhir, tendangan keras Dzeko gagal karena membentur badan kiper Enyeama yang bermain gemilang. Laga itu tetap berkesudahan dengan 1-0 untuk kemenangan Nigeria. (yp)

Susunan pemain

Bosnis: Begovic, Mujdza, Spahic, Sunjic, Medunjanin, Besic, Hajrovic (Ibisevic 57’), Pjanic, Misimovic, Lulic (Sahilovic 58’), Dzeko.

Nigeria: Enyeama, Ambrose, Odemwingie, Omeruo, Oshinawa, Onazi, Mikel, Yobo, Musa, Babantude (Uzoenyi 73’), Emenike