Wednesday, 16 October 2019

Kasus Penyelenggaraan Seminar Internasional

Mantan Sekjen Kemenlu Dituntut Tiga Tahun

Rabu, 25 Juni 2014 — 16:51 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Dianggap terbukti dalam kasus korupsi penyelenggaraan seminar internasional di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) tahun 2004-2005, mantan Sekjen Kemenlu Sudjadnan Parnohadiningrat dituntut tiga tahun penjara di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Rabu (25/6) siang.

Jaksa Sri Kuncoro Hadi dalam tuntutannya menjelaskan, terdakwa secara sah  dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaiman dalam dakwaan kedua yakni melanggar Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Selain pidana penjara, jaksa juga menuntut terdakwa untuk membayar denda sebesar Rp200 juta subsider empat bulan penjara. Serta membayar uang pengganti sebesar Rp330 juta. Apabila tidak dibayar satu bulan setelah putusan dibuat, maka harta disita jaksa dan dilelang untuk uang pengganti.

“Perbuatan terdakwa tidak sejalan dengan program pemerintah dan masyarakat Indonesia dengan pemberantasan tindak pidana korupsi,” kata jaksa. (tiyo)

Foto: Ilustrasi