Wednesday, 23 October 2019

Lagi, Tiga Penderita HIV/AIDS Meninggal

Minggu, 29 Juni 2014 — 16:27 WIB

SUKABUMI (Pos Kota) – Tiga penderita HIV/AIDS dilaporkan meninggal. Dengan jumlah ini, selama Januari sampai Mei 2014, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukabumi mencatat totalnya 11 orang.

Sekretaris KPA Kabupaten Sukabumi, dr Asep Suherman, mengatakan penderita HIV/AIDS selama bulan ini bertambah 10 orang atau berjumlah 45 orang dari sebelumnya ditemukan 35 orang yang terkena HIV/AIDS.

“Kalau jumlah penderita tiap bulannya akan terus bertambah, apalagi tingkat kesadaran masyarakat yang terbuka untuk memeriksa kesehatannya ke klinik atau rumah sakit terdekat, “terangnya.

Diketahui berdasarkan data tahun 2013 saja, dari 289 kasus yang meninggal mencapai 101 orang. Adapun untuk tingkat penyebaran yang paling rentan masih diduduki oleh Kecamatan Cisaat yakni 18 kasus, disusul dengan Kecamatan Cibadak dan Kecamatan lainya.

Di lain sisi, KPA Kabupaten Sukabumi mengharapkan pengesahan peraturan daerah (Perda) penanganan HIV dan AIDS dipercepat. Ketentuan itu untuk memaksimalkan penanganan kasus HIV dan AIDS. Rencananya, peraturan tersebut disahkan tahun ini.

Asep menyebutkan saat ini rancangan perda (raperda) tentang HIV dan AIDS masih dalam tahapan pembahasan di kalangan DPRD Kabupaten Sukabumi. Menurut Asep, perda itu sangat penting dalam upaya penanganan HIV dan AIDS di daerah. Khususnya, bagaimana cara mencegah dan menanggulangi penyebaran HIV dan AIDS.

Dalam perda tersebut disebutkan adanya penerapan sanksi bagi orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) yang dengan sengaja menularkan virusnya kepada orang lain. Namun, ketentuan sanksi ini masih dalam perdebatan. (sule/d)