Saturday, 07 December 2019

5 Ribu Relawan Warga Muhammadiyah Dukung Jokowi-JK

Rabu, 2 Juli 2014 — 20:52 WIB
muhamadiyah

JAKARTA (Pos Kota) – Sedikitnya 5.000 relawan warga Muhammadiyah yang tergabung dalam Relawan Matahari Indonesia (RMI),  mendukung pasangan Jokowi-JK. Dengan demikian RMI, menyatakan  siap mengawal suara di TPS (Tempat Pemungutan Suara) demi mendukung dan memenangkan pasangan Capres dengan nomor urut 2.

Hal tersebut sesuai hasil rapat koordinasi nasional (rakornas) RMI,  1-2 Juli yang dihadiri perwakilan dari 24 provinsi di seluruh Indonesia.

Jumlah relawan ini akan terus bertambah setelah semua koordinator wilayah (Korwil) serta koordinator daerah (Korda) bergerak di wilayah masing-masing karena telah sepakat memenangkan pasangan jokowi-JK yang menurut RMI memiliki hubungan emosional dan historis yang sangat erat dengan sosok Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

“Kami secara resmi bergerak dan berjuang mendukung kemenangan Jokowi-JK. Dan seluruh keluarga Muhammadiyah yang terkonfirmasi dipastikan akan memilih dan memenangkan pasangan ini demi kepemimpinan bangsa yang jujur serta bermartabat,” papar Koordinator RMI, Izzul Muslimin, kepada wartawan, di Media Centre Jokowi-JK, jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (2/7).

Izzul mengatakan,  relawan n memantau suara-suara Jokowi-JK di 24 provinsi se Indonesia. Dan untuk memastikan suara ini hingga di tingkat TPS pihaknya akan melakukan sosialisasi secara cepat ke seluruh kader-kader RMI.

Aktivis Muhammadiyah ini juga mengingatkan agar penyelenggara Pilpres jangan mencoba-coba berpihak kepada calon tertentu agar tidak bebenturan dengan RMI, “Karena kami menginginkan pemimpin yang bisa bekerja dan tidak mengabdi kepada partai seperti Jokowi-JK, dan kami akan berjuang untuk itu,” tegas Izzul.

Sementara itu, peneliti politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ikrar Nusa Bakti mengatakan dukungan RMI)p  yang merupakan eksponen dari Ormas Muhammadiyah mematahkan tuduhan bahwa kubu Jokowi diisi orang orang sekuler.

“Saya merasa lega karena terdapat dukungan dari Relawan Matahari Indonesia yang merupakan bagian dari warga Muhammadiyah. Hal itu menepis anggapan orang orang yang mengidentikkan kubu Jokowi-JK dengan kelompok sekuler, merah, lambang palu arit, dan sebagainya,” ujar Ikrar di Jalan Cemara 19, Menteng, Jakarta, Rabu (2/6).

Ikrar mengatakan dengan adanya dukungan eksponen Muhammadiyah menandakan bahwa dukungan warga Islam pada Jokowi-JK merupakan warga Islam yang penuh toleransi.

“Ini menandakan bahwa dukungan warga Islam di Jokowi-JK merupakan Islam yang penuh kesejukan,” ujar Ikrar. (rizal)

Teks: RMI saat jumpa pres di Media Center Jokowi-JK (rizal)