Monday, 21 October 2019

Warung Buka Siang Hari Disweeping

Jumat, 4 Juli 2014 — 15:02 WIB
warungbuka18

BOGOR (Pos Kota) – Sejumlah warung  makan yang buka siang hari di Kecamatan Cibungbulang dan Leuwiliang  pada Ramadhan disweeping muspika setempat. Dengan mengandeng polsek dan koramil, aparatur kecamatan menyisiri sejumlah warung dan minuman yang beroperasi siang hari.

Sebelum salat Jumat, Muspika Cibungbulang setelah menyisir sejumlah wilayah menemukan  empat warung makan termasuk sebuah rumah makan padang. Keempat warung ini berada di Desa Sukmaju setelah mengitari Desa Cibatok,  Cemplang dan Desa Galuga. Selain itu, mendatangi pula sebuah warung jamu dan minuman.

“Kedatangan kami membuat sempat membuat kaget  pengunjung dan  pemilik warung. Kita hanya menjalankan kesepakatan bersama antara  muspika dengan MUI dan alam ulama yang melarang beroperasinya warung makan dan minuman  siang hari selama Ramadhan. Kita hanya mengur dan minta mereka menaati kesepakatan itu,” ungkap  Kapolsek Cibungbulang Kompol Rony Mardiatun.

Reaksi senada dilontarkan Camat Cibungbulang Setiawan yang mengatakan, razia semacam ini akan dilakukan secara rutin selama Ramadhan. “Tujuannya selaian menjaga kesepakatan dengan MUI dan alim ulama setempat juga untuk menghormati mereka yang menjalankan ibadah puasa,” katanya.

Kegiatan serupa dilakukan Muspika Leuwiliang yang sudah me-seewping sejak hari pertama puasa.  “Saat hari pertama dan kedua  semua warung makan dan minuman tutup. Memasuki hari kedua dan seterusnya  mulia banyak warung yang beroperasi sejak pukul 10:00 sehingga kita minta tutup dan diimbau dibuka pukul 16:00,” kata Kapolsek Leuwliang Kompol Subandi.

Sedangkan Camat Leuwiliang Indra Komara mengakui, imbauan dan ajakan ini seperti ini  relatif banyak membuahkan hasil. “Saat  kami mendatangi warung yang buka siang haru, kami ajak pula tokoh agama dan pemuda. Nah, mereka inilah yang memberikan pencerahan sekaligus ancaman  sehingga pemilik warung tak mau lagi beroperasi pada siang hari,” katanya. (iwan/yo)

Foto: Istimewa