Friday, 15 November 2019

Tiongkok Larang Muslim Uighur Berpuasa

Minggu, 6 Juli 2014 — 21:10 WIB
Muslim Uighur-n

XINJIANG – Pihak berwenang di tiongkok melarang murid sekolah dan mahasiswa di kawasan berpenduduk mayoritas Muslim, Xinjiang, untuk berpuasa.

Guru disiagakan di masjid-masjid. Sementara larangan diterbitkan di semua sekolah.
Ramadan in Tiongkok

Muslim Uyghurs-Xinjiang

Warga muslim Uighur di provinsi Xinjiang – Tiongkok Barat

Mahasiswa dan pegawai negeri sipil di kawasan berpenduduk muslim Tiongkok, Xinjiang, diperintahkan untuk tidak mengikuti ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

Sebuah pengumuman yang dipasang di situs-situs pemerintahan, sekolah dan organisasi lokal menyebut larangan itu dibuat untuk melindungi kesehatan murid dan mahasiswa.

Selain itu,  pemerintah Tiongkok juga melarang keras kaum Muslim menggunakan fasilitas sekolah dan kantor pemerintahan untuk mempromosikan keyakinannya.

“Tidak seorangpun guru boleh berpartisipasi dalam aktivitas keagamaan, mewartakan pemikiran agama kepada mahasiswa atau mendorong mahasiswa untuk mengikuti aktivitas keagamaan,” bunyi tulisan di situs milik sebuah sekolah di Ruoqiang, Xinjiang.

Larangan berpuasa pernah juga diterbitkan pada tahun-tahun sebelumnya. Namun tahun ini isu tersebut menjadi sensitif karena pengamanan ekstra ketat Beijing terhadap provinsi Xinjiang menyusul kerusuhan dan serangan terhadap warga sipil.

Beijing menuding kelompok esktremis muslim mendalangi aksi tersebut. dw.de/d