Tuesday, 19 November 2019

Penumpang Arus Balik di Terminal Pulogadung Menurun

Minggu, 3 Agustus 2014 — 7:15 WIB
Pemudik Dari Pulogadung Menurun

PULOGADUNG (Pos Kota) – Meski jumlah penumpang yang tiba terus meningkat setiap harinya, arus balik di Terminal Bus Pulogadung Jakarta Timur diperkirakan menurun hingga mencapai sekitar 30 persen dibanding tahun lalu. Kemacetan dan pengalihan arus di jalur Pantura diduga menjadi penyebabnya.

Kepala Terminal Bus Pulogadung, Muhammad Arafat memaparkan, sejak arus balik berlangsung pada H+1 Lebaran atau Rabu (30/7) hingga H+3 atau Jumat (1/8) tercatat  12.956 penumpang yang tiba di Terminal Bus AKAP Pulogadung. Sementara pada arus balik tahun 2013 lalu, dalam periode yang sama tercatat sekitar 20.000 penumpang yang tiba. “Angkanya menurun dibanding tahun 2013 lalu sampai sekitar 30 persen,” kata Arafat, Sabtu (2/8).

Menurutnya, penurunan jumlah penumpang saat arus balik tahun ini disebabkan kemacetan dan pengalihan arus lalu lintas yang terjadi di rute mudik terutama Jalur Pantura. Terlebih, cuti bersama yang cukup lama juga menyebabkan pemudik memiliki pilihan waktu yang lebih banyak untuk kembali ke Jakarta. “Dugaan lainnya, banyaknya penumpang yang turun di jalan untuk mendekati rumah masing-masing dan tidak masuk lagi ke terminal,” ujarnya.

Berdasar data yang dihimpun pada Sabtu (2/8), tercatat sebanyak 1.159 penumpang yang tiba di Terminal Bus Pulogadung. Sementara pada H+3 Lebaran atau Jumat (1/8) tercatat terdapat 7.172 pemudik yang tiba. Jumlah ini melonjak dibanding pada hari sebelumnya yang mencapai 3.852 penumpang. Diprediksi puncak arus balik di terminal ini akan terjadi pada Sabtu hingga Minggu (3/8) pagi. “Perkiraan kami, untuk puncak arus balik ini diperkirakan akan ada sekitar 8.500 penumpang yang tiba di Terminal Pulogadung,” papar Arafat.

TERUS BERDATANGAN

Di Terminal Bus Kampung Rambutan, arus balik terpantau terus meningkat. Sekitar lima menit sekali  enam hingga tujuh bus yang dari sejumlah daerah di pulau Jawa dan sekitarnya tiba di terminal ini. “Sejak kemarin memang sudah terlihat peningkatan arus balik. Mungkin akan terus meningkat sampai nanti malam . Karena itu diperkirakan puncak arus balik terjadi hari ini,” kata Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan Dwi Basuki.

Menurutnya, hingga H+3 kemarin, jumlah penumpang yang tiba di terminal tersebut  24.723 penumpang. Jumlah tersebut meningkat dibanding pada hari sebelumnya yang hanya  19.989 penumpang. “Untuk tahun lalu, puncak arus balik di terminal ini terjadi pada H+4 Lebaran dengan jumlah pemudik yang tiba 33.909, tapi sepertinya tahun ini jumlah pemudik yang tiba di sini akan lebih sedikit, karena yang berangkat juga lebih sedikit ketimbang tahun lalu,” tegas Dwi.

Dwi pun menilai, peningkatan arus balik ini diperkirakan akan terus terjadi hingga malam nanti. Pasalnya, mulai Senin (4/8) besok, sebagian besar karyawan akan kembali memulai aktivitasnya dengan kembali masuk kerja. (Ifand)