Saturday, 07 December 2019

Puncak Arus Balik di Bandara Soekarno-Hatta Hari Ini

Senin, 4 Agustus 2014 — 16:21 WIB
Suasana di Bandara Soekarno Hatta

Suasana di Bandara Soekarno Hatta

JAKARTA (Pos Kota)-  Jumlah penumpang yangi tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta dari berbagai daerah pada H+5  atau Senin (4/8) terus meningkat. Hasil pantauan Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Tahun 2014 terhadap 32 bandar udara di Indonesia dalam masa Angkutan Lebaran dari H-7 s.d. H+5 untuk Bandara Soekarno-Hatta penumpang yang tiba jauh lebih banyak.

“Dari hasil pemantauan pada H+5  Minggu (3/8)  data sementara jumlah penumpang yang tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta telah mencapai angka 78.815 penumpang”, kata J. A. Barata, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan di Jakarta.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Lebaran tahun 2013, jumlah ini  meningkat sebesar 12,82%. “Jumlah penumpang yang tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta telah meningkat 12,82% dibanding periode yang sama pada tahun 2013 sebesar 69.857 penumpang”, tambah Barata.

Dapat diambil kesimpulan sementara bahwa pada H+5 Lebaran merupakan puncak arus balik pemudik yang menggunakan moda transportasi udara atau pesawat yang kembali ke Jakarta, “Kesimpulan sementara H+5 merupakan puncak arus balik pemudik yang menggunakan moda transportasi udara yang melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada tahun 2014 ini”.

Peningkatan jumlah penumpang yang tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta sudah terjadi sejak H2 Lebaran dimana angka ini sempat menurun pada H+3 namun kembali meningkat secara kontinyu hingga H+5. Direktorat Jenderal Perhubungan sampai dengan hari ini masih memantau 32 bandar udara termasuk di dalamnya 7 bandar udara internasional di Indonesia. Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu di kantor Kementerian Perhubungan Pusat masih dibuka hingga tanggal 5 Agustus 2014. (B)

 

FOTO ILUSTRASI