Sunday, 15 December 2019

Obama Izinkan Serangan Udara kepada Militan ISIS

Jumat, 8 Agustus 2014 — 15:47 WIB
Presiden Amerika Barack Obama

Presiden Amerika Barack Obama

WASHINGTON DC- Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan ia telah menyetujui serangan udara yang ditujukan terhadap militan Islam Daulah Islamiyah atau ISIS di Irak utara, jika mereka mengancam kepentingan AS.

Amerika Serikat telah memberi bantuan makanan dan air melalui udara ke Irak di bawah ancaman dari gerilyawan dari Daulah Islamiyah atau  Islamic State.

Kelompok ini telah merebut kota Qaraqosh, kota Kristen terbesar di Irak akibatnya warga melakukan eksodus untuk menyelamatkan diri.

Persediaan makanan diberikan kepada anggota minoritas Yazidi luar daerah Sinjar, kata seorang pejabat AS.

Banyak warga Yazidi telah meninggalkan rumah mereka dan beberapa berlindung di pegunungan terdekat.

Sebelumnya Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa bertemu untuk membahas situasi di Irak.

“Para anggota Dewan Keamanan PBB mengimbau masyarakat internasional untuk mendukung pemerintah dan rakyat Irak dan untuk melakukan semaksimal mungkin untuk membantu meringankan penderitaan penduduk yang terkena dampak konflik di Irak,” kata Duta Besar Inggris untuk PBB Mark Lyall Grant.

Sementara itu, Amerika Serikat memperingatkan situasi bagi kelompok minoritas di Irak dapat menjadi “bencana kemanusiaan”.

AS juga akan mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa makanan dan obat-obatan untuk warga di Irak utara melalui udara.- bbc/d