Thursday, 17 October 2019

Roro Jonggrang ke Korea Utara Mencari Tangkuban Perahu

Sabtu, 9 Agustus 2014 — 6:38 WIB
Dms-9Agus

NASIB apes menimpa Sekjen PKS, Taufik Ridho. Petinggi partai itu keliru menyebut Roro Jonggrang dan Tangkuban Perahu. Akibatnya, di dunia maya dan di media sosial, dia di-bully habis-habisan.

Bermula, saat menyiapkan bahan persidangan ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Rumah Polonia, kepada awak media Taufik Ridho mengaku sudah menyiapkan sejumlah bukti kecurangan dalam persidangan di MK tersebut. “Ini ‘kan tidak bisa dilakukan seperti Roro Jonggrang membuat Tangkuban Perahu (hanya butuh waktu semalam),” ucap Taufiq Minggu (3/8) lalu.

Dms-9Agus-475

Gara-gara menyebut “Roro Jonggrang membuat Tangkuban Perahu” itulah, meledak respons dan ejekan di dunia maya. Sebab, Roro Jonggrang dongeng warga Jawa tengah, sedangkan Tangkuban Perahu dongeng dari Jawa Barat. Roro Jonggrang berkisah awal muasal berdirinya Candi Prambanan. Sedangkan Tangkuban Perahu berkisah cinta Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Gak nyambung!

Taufik Ridho tampaknya awam dengan dongeng cerita rakyat Indonesia, khususnya tanah Jawa. Dia – dan teman-teman separtainya – mungkin saja lebih fasih bisa mengutip tamsil dari cerita seribu satu malam, Abu Nawas, Nasruddin Hoja, Nabi Nuh, Nabi Yunus, dst. Pendeknya cerita cerita di seputar Mesir dan sekitarnya.

Entah bagaimana dia keceplosan menceritakan kisah rakyat Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dan keliru.

Orang Jogya punya cemoohan khas buat Taufik Ridho. “Wis banter.. kleru.. !!”- Ngomongnya lantang dan .. salah! Akibatnya diteriaki banyak orang. Huuu

Secara bersamaan, capres yang dibela berorasi di MK yang menyebut Pilpres 2014 Indonesia lebih buruk dibanding Korea Utara. Padahal Korut tidak ada pemilu! Dasar warga di internet (netizen) super kreatif, kembangan cerita dongeng pun bersliweran. Seperti Roro Jonggrang ke Korea Utara untuk mencari Tangkuban Perahu. – dimas.

 

 

  • Roro Jonggrang

    Keseleo Lidah kaleee….biasanya gitu dibantah sendiri.