Friday, 06 December 2019

Kader PKK DKI Dilatih Cegah Osteoporosis

Rabu, 27 Agustus 2014 — 9:24 WIB
pkk-sub

JAKARTA (Pos Kota)- Menuju Jakarta bebas osteoporosis, ribuan kader PKK dari lima wilayah kota mendapatkan edukasi tentang osteoporosis melalui lomba kelurahan peduli osteoporosis. Kegiatan yang sudah berlangsung selama 5 bulan tersebut berupaya memberikan pemahaman tentang osteoporosis dan cara pencegahannya kepada kader PKK.

“Ternyata dari kegiatan tersebut kini pengetahuan ibu-ibu di Jakarta mengenai osteoporosis menjadi lebih baik,” tutur Wakil Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta Veronica Basuki T Purnama.

Indikasinya antara lain adalah terdapat perubahan pola perilaku dan kebiasaan menjadi lebih sehat khususnya terkait kesehatan tulang. Misalnya lebih rajin meminum susu, mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan frekuensi olahraga meningkat.
Menurut hasil evaluasi dan proses menitoring kader PKK terhadap 800 warga yang dilakukan selama lomba kelurahan peduli pencegahan osteoporosis dapat disimpulkan bahwa 7 dari 10 warga mulai mengonsumsi makanan sumber kalsium harian, mulai mengonsumsi susu 1-2 gelas per hari secara teratur dan melakukan aktivitas berjalan kaki secara rutin setiap hari.

“Selain itu 8 dari 10 warga telah mendapatkaan sinar matahari yang cukup antara pukul 06:00 sampai 09:00 setiap hari,” jelas Andriani Ganeswari, Corporate Affaairs Manager PT Fonterra Brands Indonesia.

Lomba kelurahan peduli pencegahan osteoporosis itu sendiri merupakan bagian dari implementasi dan dukungan PT Fonterra Brands Indonesia terhadap komitmen Jakarta bebas osteoporosis yang dicanangkan Gubernur Joko Widodo paada 2012 lalu.

Ia berharap para kader yang sudah mendapatkan pelatihan tentang pencegahan osteoporosis ini bisa mengedukasi warga di sekitarnya dengan baik. Sehingga Jakarta bebas osteoporosis akan segera bisa dicapai.

(inung/sir)

Teks Gbr- Wakil Ketua TP PKK DKI Jakarta Veronika Basuki T Purnama saat menyerahkan penghargaan kepada finalis kelurahan peduli pencegahan osteoporosis. (inung)