Thursday, 05 December 2019

Liga Champions

Alexis Sanchez Antar Arsenal ke Fase Grup

Kamis, 28 Agustus 2014 — 3:57 WIB
Arsenal's Sanchez celebrates with team mate Wilshere after scoring a goal against Besiktas during their Champions League playoff soccer match at the Emirates stadium in London

INGGRIS –  Meski harus bermain dengan 10 orang, Arsenal melaju ke fase grup Liga Champions setelah mengkandaskan perlawanan gigih Besiktas di leg kedua babak play-off Liga Champions. Gol tunggal Alexis Sanchez membuat The Gunners unggul dengan agregat 1-0 setelah pada leg pertama bermain imbang tanpa gol.

Bermain di depan pendukungnya di Emirates Stadium, Arsenal mengawali laga dengan memberi tekanan. Hanya saja, semenit berikutnya Demba Ba melakukan serangan balik cepat, tapi bek The Gunners cepat datang mematahkannya.

Selanjutnya, bola dikuasai tuan rumah dengan sejumlah peluang didapat Alexis Sanchez dan Jack Wilshare. Kiper Zengin membuat kesalahan di menit 10 hingga bola bisa diambil Santi Cazorla. Sayang pemain Spanyol ini langsung menembak hingga arah bola menyamping.

Tekanan Arsenal berlanjut, hanya saja pertahanan kokoh tim tamu sulit ditembus. Demba Ba dan Petemak membalasnya dengan serangan balik cepat yang bisa direspon Arsenal dengan baik.

Satu menit saat injury time, keadaan berubah. Wilshare melakukan kerjasama apik dengan Ozil lalu melepas bola ke Alexis. Peman Chile ini dengan cepat menembak ke gawang lawan. Masuk, skor menjadi 1-0 untuk Arsenal. Kedudukan bertahan hingga babak pertama usai.

Selepas jeda, Arsenal melanjutkan tekanannya. Alexis Sanchez mendapat peluang bagus menit 52 tapi Zengin bisa mengamankan tembakannya.  Selanjutnya laga berjalan cepat dengan Arsenal terus menyerang dan sesekali tim tamu membalasnya dengan serangan balik.

Menit 74, Arsenal mestinya bisa menggandakan keunggulannya. Sayang Oxlade-Chamberlain gagal menceploskan bola meski hanya tinggal berhadapan dengan kiper lawan.

Satu menit kemudian, Arsenal harus bermain dengan 10 orang. Wasit mengusir Debuchy keluar lapangaan setelah menerima kartu kuning kedua akibat melanggar keras pemain lawan.

Sejak itu, tekanan Arsenal berkurang. Besiktas yang hanya perlu gol penyeimbang untuk maju ke babak penyisihan grup mampu meanfaatkan keluarnya Debuchy.

Namun hngga wasit menambah empat menit waktu pertandingan, tak ada gol tambahan tercipta. Arsenal menutup laga dengan kemenangan 1-0 atas Besiktas. TheGunners pun melaju ke babak utama Liga Champions dengan agregat 1-0 setelah pada leg pertama bermain seri tanpa gol. ( yp)

Susunan pemain:

Asenal: Szczesny; Debuchy, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Flamini, Oxlade; Cazorla, Wilshere, Ozil (Chambers 76’); Alexis

Besiktas: Zengin; Köybasi, Ramón, Pedro Franco, Gülüm; Kavlak (Uysal 76’), Hutchinson, Ozyakup; Sahan (Tore 62’), Demba Ba, Pektemek (Tosun 87’)