Wednesday, 23 October 2019

Kabur Saat Dirazia

WNA Nigeria Diborgol Petugas Imigrasi

Kamis, 28 Agustus 2014 — 17:11 WIB
niger1

TANAH ABANG (Pos Kota) – Petugas Imigrasi terpaksa mengejar   Warga Negara Asing (WNA) Nigeria di kawasan Tanah Abang, mewarnai Operasi Bina Kependudukan (Biduk), yang digelar Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Pusat, Rabu (27/8) malam.

obinna, 22, ditangkap setelah dikepung petugas di belakang Rusun Kebon Melati. Karena sempat berontak, petugas yang dibantu Satpol PP langsung memborgol kedua tangan pria berkulit hitam tersebut untuk dibawa ke kantor imigrasi Jakarta Pusat.

Kepada petugas, aksi melarikan dirinya tersebut dilakukan karena untuk menghindari operasi kependudukan tersebut lantaran ia tidak memiliki dokumen tempat tinggal, seperti pasport dan visa. “Saya tinggal di sini sejak bulan puasa, untuk bisnis sepatu,” akunya kepada petugas dengan berbahasa Inggris.

SEGERA DI DEPORTASI

Lantaran tidak memiliki identitas, petugas Imigrasi mengancam segera akan mendeportasi Robinna ke negara asalnya tersebut. “Dia bisa langsung di proses untuk dideportasi, dan ada kemungkinan ia ke Indonesia saat di bandara lolos dari pemeriksaan. Tapi itu akan kita dalami lagi,” terang Kepala Kantor Imigrasi Jakpus, A.Fauzi.

Operasi Biduk putaran kedua yang digelar Sudin Dukcapil Jakarta Pusat, tersebut juga dipantau langsung Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Purba Hutapea. “Operasi ini sesungguhnya serentak dilakukan di DKI Jakarta, tujuannya kita ingin sampaikan bahwa warga pendatang harus memiliki dokumen,” jelasnya.

Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Pusat, Muhammad Hatta, menambahkan pihaknya sengaja mengandeng imigrasi dalam Operasi Biduk lantaran di kawasan Tanah Abang, juga banyak terdapat warga asing. (deny)

wna1

Teks  : Robinna, WNA Nigeria, berusaha melarikan diri saat terjaring Operasi Biduk di kawasan Tanah Abang, Jakpus.