Monday, 21 October 2019

Pelantikan Anggota DPRD Banten Diwarnai Bentrok Mahasiswa-Polisi

Senin, 1 September 2014 — 11:52 WIB
demo-sub

SERANG (Pos Kota) – Aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Banten Untuk Rakyat (GEBRAK) Banten menggelar unjukrasa di tengah pelantikan anggota DPRD Provinsi Banten terpilih periode 2014-2019, Senin (1/9/2014). Mereka menuntut para wakil rakyat memperhatikan rakyat dari pada kepentingan partainya.

“Selama ini, wakil rakyat hanya panggilan saja tetapi praktiknya hanya mementingkan kepentingan partainya,” ungkap satu orator saat berorasi di depan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KPPPB) Kota Serang.

Pantuan poskotanews.com, aksi massa Gebrak ini tidak diijinkan untuk mendekati gedung DPRD Banten. Meski demikian, ratusan mahasiswa Gebrak tetap berusaha mendekati atau bertemu dengan wakil rakyat yang sedang menjalani pelantikan. Akibatnya terjadi aksi baku hantam setelah massa terlibat dorong-dorongan dengan puluhan pasukan dalmas yang memang sudah mengantisipasi adanya aksi demo.

Selain membawa berbagai atribut mahasiswa, para pendemo ini juga menyebarkan seleberan yang berisi pesan dan tuntutan kepada anggota dewan yang baru dilantik. Diantaranya, tingkatkan dan laksanakan progran legislasi hak dan kedaulatan rakyat, jalankan fungsi pengawasan yang profesional terhadap eksekutif, jalankan fungsi budgeting, mengecam kinerja anggota dewan yang manipulatif, berikan sangsi tegas kepada anggota dewan indisipliner, harus transparan bersih dari KKN serta harus memiliki integritas tinggi.

Meski terjadi kericuhan, petugas keamananan hingga saat ini belum memberikan ijin masuk kepada mahasiswa untuk menemui anggota dewan. Hingga saat ini, puluhan polisi masih terus mempagar betis agar massa tidak mendekat gedung dewan.
(haryono/sir)

 

Terbaru

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan. (firda)
Senin, 21/10/2019 — 11:30 WIB
Polisi Terjunkan 1500 Personel Kawal Demo Mahasiswa
Mahfud MD.
Senin, 21/10/2019 — 11:13 WIB
Banyak Bicara Hukum & HAM
Belum Tau Jadi Menteri Apa, Mahfud: Saya Diminta Membantu Beliau
istana negara
Senin, 21/10/2019 — 10:38 WIB
Ada Mahfud MD dan Nadiem Makarim
Sejumlah Calon Menteri Dipanggil ke Istana Negara