Saturday, 07 December 2019

104 Orang Daftar Jadi Calon Pimpinan KPK

Rabu, 3 September 2014 — 21:17 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Pendaftaran calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi ditutup panitia seleksi, Rabu (3/9). Waktu pendaftaran tidak diperpanjang sehingga jumlahnya ada 104 orang dari berbagai profesi.

“Sudah cukup pendaftarannya. Jadi, tidak diperpanjang ,” kata Menkumham Amir Syamsuddin di kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Rabu malam.

Sebelum ini sempat ada desakan dari berbagai pegiat antikorupsi dan lembaga swadaya masyarakat, agar pendaftaran calon Pimpinan KPK diperpanjang mengingat calonnya sedikit pada tiga sehari sebelum penutupan. Pembukaan pendaftaran, sejak 15 Agustus.

Amir Syamsuddin menjelaskan sampai pukul 16.00 jumlah pendaftar 103 orang, terdiri dari 95 pria dan 8 wanita. “Profesi  advokat ada 14 orang, PNS dan Pensiunan PNS ada 24 orang. TNI/Polri dan purnawiran tujuh  orang, swasta/profesional dan lain- lain ada 43 orang. Satu lagi melalui pos. Jadi total 104 orang.”

Melonjaknya pendaftaran ini, lanjut Amir tak lepas  bantuan dari teman-teman  pers sehingga minat dari mereka menjadi termotivasi.

“Kita akan mulai bekerja dgn 104 orang ini. Kita mulai dari seleksi administratif, yang lulus diumumkan lagi kemudian masih ada tahapan-tahapan berikutnya. Dan selama proses berjalan masukan dari publik itu kita buka sampai satu bulan.”(ahi)