Wednesday, 23 October 2019

Demo Warnai Pelantikan Anggota DPRD Serang

Rabu, 3 September 2014 — 16:53 WIB
demomaha

SERANG (Pos Kota) – Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Serang terpilih yang digelar di Gedung DPRD Kabupaten Serang, Rabu (3/9), diwarnai unjukrasa dua kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Serang (Hamas) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Serang.

Kedatangan massa PMII dan Hamas ini untuk mengingatkan anggota DPRD yang baru dilantik harus bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat.

“Bukan rahasia umum, kinerja anggota dewan selama ini hanya memperkaya diri sendiri serta melindungi sekelompok orang yang dianggap menguntungkan pribadi dan partai,” ungkap Adam dari PMII dalam orasinya.

Menurut Adam, DPRD baru harus mampu melahirkan kebijakan-kebijakan daerah yang pro rakyat dan harus menjadi lembaga pengawasan dalam setiap pelaksanaan yang dilakukan oleh eksekutif. “Kami menginginkan DPRD Kabupaten Serang mampu melakukan legislasi, pengawasan dan penganggaran yang berpihak pada kepentingan rakyat,” jelasnya.

Dalam aksi unjukrasa ini sempat terjadi gesekan antara mahasiswa dengan pasukan dalmas. Massa pendemo menginginkan dipertemukan dengan  wakil rakyat. Hanya saja, pasukan dalmas yang dipersiapkan menjaga keamanan pelantikan tidak memperkenankan mahasiswa mendekat. Akibatnya timbul aksi saling dorong dan baku hantam diantara kedua kelompok ini.

Usai pelantikan, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Serang Muhsinin mendatangi mahasiswa dan menandatangani tuntutan mahasiswa yang dalam isinya menuntut anggota DPRD bekerja sesuai fungsinya di bidang  legislasi, kontrol, dan penganggaran.

“Kami akan sekuat tenaga dan pikiran menjalankan amanah ini,” ungkap Muhsinin saat menemui pendemo. (haryono)

Tels : Polisi  membujuk mahasiswa tidak memaksakan diri masuk ke gedung DPRD Serang