Monday, 16 December 2019

Ribuan Warga Bekasi Tak Miliki Surat Nikah

Kamis, 4 September 2014 — 6:12 WIB
BOTABEK-NIKAH-SIRI-AKIBATKAN-ANAK-SUSAH-SEKOLAH

BEKASI (Pos Kota) –Ribuan  pasangan suami istri di Kabupaten Bekasi sudah bertahun-tahun  belum memiliki buku nikah. Mereka kebanyakan nikah siri. Karena  tak memiliki buku nikah, menyebabkan  anak-anak mereka kesulitan membuat akta kelahiran.

Guna mengatasi masalah ini Pemerintah Kabupaten Bekasi menganggarkan dana untuk isbat nikah, terutama bagi pasangan suami istri yang sudah memiliki anak, khususnya bagi yang tidak mampu. Mereka nantinya  mendapatkan buku nikah sebagai syarat pembuatan akta lahir bagi anak-anak.

Mulai  2014 ini misalnya, Pemkab Bekasi,  kata Kepala Bidang Catatan Sipil Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Bambang Budi Raharjo mengalokasikan anggaran bagi 2.000 pasangan tidak mampu untuk dilakukan Isbat Nikah Massal secara bertahap. Tahun 2014, pihaknya  mengajukan anggaran  Rp900 juta dengan alokasi 875 pasangan dalam pembiayaan isbat nikah.

BERTAHAP

Menurut Bambang,  isbat nikah massal itu perlu dilakukan secara bertahap mengingat banyaknya pasangan yang belum memiliki buku nikah. Mereka umumnya tinggal di pedesaan kawasan Kabupaten Bekasi.

Dalam isbat nikah, selalu saja banyak pendaftarnya seperti tahun ini. Artinya dari 2.000 pasangan yang sudah terdata kemungkinan masih ada lagi pasangan lain. “Ini juga satu bukti masih banyaknya pasangan suami istri yang belum punya surat nikah.”

Karena itu, Dinas Kependuduan dan Catatan Sipil, akan mendata terus pasangan miskin yang belum memiliki buku nikah. Selanjutnya Pemkab akan memprakarsai dilakukannya isbat nikah supaya mereka memiliki buku.

“Kalau ditelusuri sungguh-sunggu ada sekitar  30 persen pasangan suami istri Kabupaten Bekasi belum memiliki buku nikah,” katanya. “Isbat nikah ini menjadi bagian penting terciptanya  administrasi kependudukan.” (suzana)

karikatur

Terbaru

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun saat memaparkan temuannya. (ikbal)
Senin, 16/12/2019 — 14:43 WIB
Isu Politik Dinasti Bisa Ancam Gibran di Pilkada
Gibran Rakabuming Menghadiri talkshow di pondok pesantren al-muayyad dalam rangka hari santri nasional 2019 (ist)
Senin, 16/12/2019 — 14:17 WIB
Survei Median
Gibran Kalah Tenar dengan Wawali Solo, Achmad Purnomo