Saturday, 07 December 2019

Calon Haji Masih Aman Dari Virus Ebola

Sabtu, 6 September 2014 — 14:27 WIB
calhaj-tiba-di-madinah

JAKARTA (Pos Kota) – Calon jemaah haji (calhaj) Indonesia sekarang ini sudah enam hari berada di Madinah. Mereka aman-aman saja, tidak ada yang terkena serangan virus Ebola karena sejak awal sebelum pelaksanaan haji dimulai  pemerintah Arab Saudi sudah mengantisipasinya.

Demikian disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Prof Dr Abdul Djamil yang dihubungi  di Jakarta Sabtu (6/9). “Saya dari Jakarta terus memantau lewat laporan yang dikirim oleh Daerah Kerja Madinah tentang kondisi kesehatan calhaj kita,” papar Abdul Djamil.

Ia menjelaskan memang ada 10 calhaj yang kini sedang dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPIH) Madinah, tapi penyakit yang diderita mereka hanya karena faktor kelelahan saja, bukan karena virus,” tutur Abdul Djamil.

Pemerintah Indonesia, menurut Abdul Djamil, memberikan apresiasi kepada pemerintah Arab Saudi yang responsif dalam mengantisipasi Virus Ebola, sebelum jemaah haji dari seluruh datang ke Tanah Suci.

Antisipasi itu, kata Abdul Djamil, pemerintah Arab Saudi telah melatih ribuan tim medis baik dokter mau perawat untuk mengantisipasi menyebarnya virus tersebut terhadap para calhaj, termasuk tim medis ini juga dilatih bagaimana tindak medis secepatnya kalau adaa calhaj yang ditengarai terserang virus.

Selain itu, lanjut Abdul Djamil, Arab Saudi juga telah melarang tiga negara yang ditengarai awal adanya Ebola yakni,  adalah Sierra Leone, Guinea, dan Liberia untuk mengirimkan calhaj-nya pada musim haji tahun ini.

Sebab itu, lanjut Abdul Djamil, calhaj Indonesia tidak perlu khawatir dengan serangan Virus Ebola. Namun demikian, ia juga menghimbau kepada calhaj untuk tetap menjaga kondisi kesehatan selama berada di Tanah Suci. (johara/yo)

Foto: Istimewa