Monday, 21 October 2019

Puluhan Bangunan di Cakung Drain Bakal Dibongkar

Sabtu, 20 September 2014 — 17:35 WIB
Bangunan di sepaniang Cakung Drain. (dok.)

Bangunan di sepaniang Cakung Drain. (dok.)

GAMBIR (Pos Kota) – Puluhan ribu bangunan liar di bantaran Cakung Drain, Cakung, Jakarta Timur segera dibongkar Pemprov DKI Jakarta. “Bantaran itu akan dibebaskan dari segala bentuk bangunan karena fungsinya menahan luapan banjir,” tegas Sekda DKI M. Saefullah, di Balaikota, Gambir, Sabtu (21/9).

Bagi penghuni bangunan yang benar-benar miskin dan tidak punya rumah, kata Saefullah, akan direlokasi ke rusunawa. “Tapi bagi pemilik kontrakan, sama sekali tidak akan mendapatkan apapun dari pemerintah. Karena mereka cenderung memperkaya diri melalui penyerobotan lahan milik pemerintah,” tambahnya.

Saat ini petugas gabungan, termasuk kelurahan dan kecamatan, sudah berulang kali melakukan sosialisasi. “Intinya tidak akan lama lagi, seluruh bangunan itu akan kami tertibkan,” papar Saefullah menambahkan para penghuni agar siap-siap mengosongkan lokasi.

Puluhan ribu bangunan yang bertengger di atas bantaran kali sepanjang beberapa kilo meter akan dibuldoser hingga rata tanah. “Penertiban ini demi kepentingan masyarakat lebih luas untuk mengurangi kerawanan banjir,” kata Saefullah menambahkan hunian liar di bantaran mengakibatkan lebar sungai menjadi menciut. Diperparah lagi, pola hidup penghuni bantaran sangat jorok karena seenaknya membuang sampah maupun perabotan rumah tangga ke sungai.

Lahan itu akan dikembalikan fungsi semula sebagai bantaran pengaman aliran air. Di beberapa ruas sungai Cakung Drain yang kondisinya dangkal juga akan dikeruk. “Dalam rangka antisipasi banjir, pemprov juga akan menormalisasi sejumlah lainnya,” kata Saefullah. (Joko)

  • Mangap

    Puluhan atau puluhan ribu ? judulnya salah.
    Masih banyak juga bangunan liar dekat pelabuhan muara angke. dan daerah lainnya juga yang perlu untuk ditertibkan.