Monday, 11 November 2019

Bulutangkis Asian Games

Dua Ganda Campuran Indonesia ke Semifinal

Sabtu, 27 September 2014 — 16:21 WIB
Tontowi/Liliyana

Tontowi/Liliyana

ICHEON (Pos Kota) – Selangkah lagi ganda campuran Indonesia akan membuat All Indonesian Final di Asian Games 2014 Icheon, setelah dua ganda campuran pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto menyusul Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lolos ke semifinal, di Gyeyang Stadium Sabtu (27/9) siang WIB.

Tontowi/Liliyana lolos ke semifinal lebih dulu dengan mengalahkan pasangan tuan rumah, Shin Baek Cheol/Chang Ye Na (Korsel) lewat tiga game 19-21, 21-16, dan 21-9. Sedangkan Praveen/Debby menjungkalkan wakil tuan rumah lainnya Ko Sung Hyun/Kim Ha Na juga melalui rubber game 21-9, 9-21, dan 21-15.

Di semifinal besok, pasangan Tantowi/Lilyana jumpa unggulan utama Xu Chen/Ma Jin (Tiongkok) yang lolos dengan mengalahkan pasangan  Danny Bawa Chrisnanta/Yu Yan Vanessa Neo (Singapura) 21-12, 21-15.

“Pada game pertama, kami masuk di pola permainan lawan. Saat mendapat arahan dari pelatih, baru kami menyadari kenapa kami masuk pola permainan mereka. Seharusnya kami tetap bermain dengan pola kami,” kata Liliyana seperti dilansir Badminton Indonesia.

“Di game kedua, kami pun langsung menerapkan pola permainan kami dan berhasil. Selanjutnya, di game ketiga kami tampil lebih fokus. Itu menjadi kunci kemenangan kami, terutama di saya. Kalau saya sudah bisa fokus, Cik Butet (panggilan Liliyana) pasti lebih enak mengatur di depan net,” beber Tontowi.

Cabang bulutangkis punya peluang mengakhiri ‘paceklik’ medali emas kontingen Merah Putih di Asian Games Icheon. Ini dimungkinkan karena pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari berhasil lolos ke final. Pasangan Gresia/Nitya di final yang dilangsungkan Sabtu (27/9) sore waktu setempat jumpa pasangan  Ayaka Takahashi/Misaki Matsutomo (Jepang).

Di ganda putra pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga masih menjaga asa untuk lolos ke final. Mereka masih berjuang di semifinal yang juga dilangsungkan sore hari ini dengan  menghadapi pasangan tuan rumah Kim Sarang/Kim Gijung. (prihandoko)

Tontowi/Liliyana