Monday, 09 December 2019

Ditemukan, Ragi Pembuat Obat Penghilang Rasa Sakit

Selasa, 30 September 2014 — 22:27 WIB
morfin

CALIFORNIA – Banyak yang menyalahgunakan morfin. Tapi sejatinya morfin adalah obat penghilang rasa sakit yang sangat kuat dan biasa digunakan dalam dunia kedokteran. Sekelompok peneliti telah menemukan pembuatan morfin dengan bantuan ragi.

Kate Thodey, Stephanie Galanie dan Christina D. Smolke melakukan penelitian di Stanford University, California, Amerika Serikat. Hasil penelitian yang dimuat di jurnal Nature Chemical Biology itu menyebutkan keberhasilan mereka mengembangkan jenis ragi yang bisa menghasilkan morfin.

Caranya, dengan memasukkan beberapa gen yang didapat dari tumbuhan opium ke dalam sel ragi. Gen-gen ini membuat enzim yang digunakan opium memproduksi opiate. Setelah menyesuaikan sistem agar sesuai dengan produksi enzim, peneliti bisa memberikan zat prekursor yang diberi nama thebaine untuk mendapatkan morfin murni.

Penelitian ini belum bisa menciptakan ragi yang bisa menghasilkan morfin tanpa harus menggunakan zat prekursor. Namun dalam waktu dekat, diyakini akan ada ragi yang bisa menghasilkan morfin yang bisa digunakan untuk pengobatan. Tapi produksi obat ini tidak mudah.

Bahan yang didapat dari opium, dan permintaan global mencapai sepuluh hingga seratus ribu ton setiap tahun, sulit dipenuhi. Selain itu, tumbuhan ini tergantung iklim, mudah terserang penyakit dan sering kali kekacauan politik di negara penghasil membuat produksi semakin sulit. (fir)