Sunday, 15 December 2019

Usus Bayi Lahir Terburai

Sabtu, 4 Oktober 2014 — 13:39 WIB
Ilustrasi bayi. (ist)

Ilustrasi bayi. (ist)

SUKABUMI (Pos Kota) – Sungguh malang bayi asal Kampung Selajambe RT 09/04, DesaSelajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi ini. Adalah Muhammad Haidar Rasyik yang lahir tanpa memiliki dinding perut hingga ususnya terburai.  Hingga Sabtu (4/10), bayi yang lahir 24 September lalu ini masih berada dalam penanganan medis di RSUD R Syamsudin SH.

Bayi pasangan Kamaludin, 35, dan Teti Widianti, 30, ini lahir dengan kondisi mengenaskan dibantu seorang bidan di rumahnya. Pada saat lahir, berat badannya mencapai 3,8 kilogram.

Dari pengakuan ibunya, selama masa kehamilan tidak pernah mengecek atau meng-USG janin bayinya. Malah Teti tidak merasakan  keanehan apapun selama hamil hingga melahirkan.

Keluarganya kaget begitu melihat usus bayinya terurai. Bayi tersebut langsung membawa bayi malang ini ke RSUD R Syamsudin SH dengan menggunakan program BPJS. Bayi yang belum satu bulan ini disimpan di inkubator di Ruang Teratai Lantai I.

Humas RSUD R Syamsudin SH, Joni Setiawan menjelaskan bayi yang lahir tanpa memiliki dinding perut atau gastroskisis memang terbilang penyakit langka. Diprediksi, dari 2 ribu kelahiran paling hanya satu terjadi kasus tersebut.

“Kami sedang berupaya menangani bayi malang tersebut sebaik mungkin. Rencananya pihak rumah sakit akan melakukan operasi untuk menangani bayi tersebut dalam waktu dekat jika kondisi bayi telah stabil,” ungkapnya. (sule/yo)