Sunday, 15 December 2019

16 Tahun Menunggu, Baru Miliki Buku Nikah

Selasa, 7 Oktober 2014 — 19:11 WIB
Suasana nikah isbat pasangan suami istri di Kota Tangsel. (anton)

Suasana nikah isbat pasangan suami istri di Kota Tangsel. (anton)

CIPUTAT (Pos Kota) – Puluhan pasangan suami istri yang belum resmi atau memiliki buku nikah selama belasan tahun akhirnya kesampaian dengan adanya kegiatan nikah isbat yang dilaksanakan petugas Pengadilan Agana Tangerang.

“Alhamdulillah… Setelah menunggu hampir 16 tahun akhirnya memiliki buku nikah dan terdaftar sah secara hokum,” ujar Anto (54) didampingi Yuni (46) istrinya, warga Ciputat usai melaksanakan nikah isbath di Masjid Magfiroh, Kel. Pondok Ranji, Ciputat, Selasa (7/10).

Rasa senang dan haru terpancar dari wajah bapak tiga anak ini yang mengaku sejak  bulan Mei 1998 dirinya menikah dengan Yuni tapi belum memiliki surat atau buku nikah dan tak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) sehingga selama ini belum sah secara hukum.

Hal senada dikatakan Mursam (62) bersama Nara (58), warga Serpong, yang mengaku senang setelah menikah selama 40 tahun baru sekarang memiliki bukju resmi nikah. “Senang dan haru karena sudah punya cucu baru bisa punya buku nikah,” tuturnya yang mengaku punya tiga anak dan enam cucu.

Soemadji, selaku penyelenggara, mengatakan ada sekiatr 48 pasangan yang melaksanakan nikah isbat dan kegiatan  ini sebagai bentuk kepedulian sesama agar warga yang belum memiliki buku nikah resmi dan hanya nikah siri dapat melangsungkan kehidupannya lebih aman dan tenang. “Kalau sudah resmi kan enak dan tenang,” ujarnya yang menambahkan mereka juga memperoleh Kartu Keluarga di Masjid Magfiroh, Ciputat. (anton)