Friday, 18 October 2019

Sektor Hulu Rumput Laut Perlu Diperkuat

Jumat, 10 Oktober 2014 — 11:18 WIB
Rumput laut yang dibudidaya petani. (ist)

Rumput laut yang dibudidaya petani. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Rumput laut nasional kian berkembang seiring dengan misi awal yang diusung untuk mengentaskan kemiskinan, menyerap tenaga kerja, menjaga kelestarian lingkungan dan penghasil devisa serta mensejahterakan petani dan pembudidaya.

Atas dasar hal tersebut, Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) menilai penguatan sektor hulu rumput laut perlu untuk menghadapi hilirisasi dan tantangan yang datangnya dari dalam maupun luar. “Sebelum hilirisasi, sektor hulunya harus kuat terlebih dahulu,” ungkap Ketua Umum ARLI, Safari Azis di Jakarta (10/10).

Menurut Safari, permasalahan pengembangan rumput laut di sektor hulu meliputi program riset and development yang masih minim, tata ruang, ketetapan dan kewajaran harga bagi petani hingga keterjaminan pasarnya.

Saat ini, kata dia, penggunaan rumput laut belum dikonsumsi dan dimanfaatkan secara optimal di dalam negeri. Selain itu, rumput laut juga harus bersaing dengan pengenyal, pembersih dan pengemulsi lainnya yang berasal dari tumbuhan dan hewan.

“Perlu ada ketentuan zonasi karena area budidaya rumput laut bersinggungan dengan area wisata seperti yang terjadi di Bali atau dengan area rencana pembangunan smelter di Makassar,” ungkap Safari. (lina/yo)