Wednesday, 11 December 2019

Evan Dimas Siap Bersaing di Timnas Senior

Kamis, 16 Oktober 2014 — 16:44 WIB
Evan Dimas

Evan Dimas

JAKARTA (Pos Kota) — Evan Dimas akan bersaing dengan pemain idolanya, Ahmad Bustomi dalam seleksi Timnas senior. “Kalau di tim senior, saya senang dengan gaya mainnya Ahmad Bustomi, main di posisi sama juga,” kata Evan saat diminta komentarnya dipanggil pelatih Alfred Riedl, Rabu (15/10).

Evan Dimas dan Maldini Pali dinilai tampil cukup baik dalam Timnas U-19, sehingga  Alfred Riedl telah mengutarakan keinginannya  memanggil kedua pemain muda tersebut. Riedl menilai, Evan dan Maldini punya cukup kemampuan untuk bermain di timnas senior.

Menurut Evan, panggilan ini juga merupakan promosi dari junior ke senior.”Saya harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya kalau dipanggil,” katanya. Menurutnya, ini sebuah kebanggaan bisa main dengan kakak-kakak di tim senior.

Evan Dimas mengaku senang bila bisa berkontribusi dengan maksimal ketika bersama anak-anak asuhan Alfred Riedl dan dapat bertemu Ahmad Bustomi.”Mungkin saya dipanggil, tapi nanti ada seleksi lagi, belum tentu juga saya lolos,” tuturnya.

Asisten pelatih timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, menegaskan, tidak akan ada perlakukan spesial untuk Evan Dimas dan Maldini. “Keduanya juga tidak otomatis menjadi skuat inti timnas senior,” katanya kepada wartawan, Kamis (16/10).

Evan Dimas dan Maldini tampil memperkuat Timnas U-19 di Piala Asia U-19 2014, namun mereka gagal total di turnamen tersebut. Kalah tiga kali, Timnas U-19 tampil sebagai juru kunci Grup B dan jadi satu-satunya tim yang gagal mendapatkan poin di Piala Asia U-19. Meski demikian, Evan dan Maldini dinilai tampil cukup baik.

Pikal menuntut keduanya untuk tampil profesional bersama timnas senior. Jika di Timnas U-19 Evan dan Maldini terbiasa masuk starting XI, Pikal mengatakan bahwa tidak akan ada kemewahan seperti itu di timnas senior. Keduanya harus unjuk kemampuan kepada staf pelatih dulu untuk bisa masuk starting XI. Piala AFF 2014 akan berlangsung dari 22 November hingga 20 Desember. Direncanakan, Riedl bakal mengumumkan 30 nama pemain untuk menjalani persiapan jelang turnamen tersebut pada 22 Oktober mendatang .

Timnas senior telah memulai pemusatan latihan di Sekolah Pelita Harapan Karawaci Tangerang. Sementara ini baru 11 pemain asal klub ISL yang tak bermain di delapan besar menjalani latihan.  Setelah berjumlah 30 pemain, nantinya, hanya ada 23 pemain yang akan dibawa. (Awang)