Monday, 18 November 2019

Syarat Pendaftaran BPJS Dinilai Mempersulit

Jumat, 31 Oktober 2014 — 22:31 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Syarat pendaftaran peserta BPJS Kesehatan dinilai membebani rakyat untuk mendapatkan haknya menjadi sehat dan menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Koordinator Advokasi  BPJS Watch Timboel Siregar mengatakan, tidak semua rakyat mampu membayar iuran untuk 1 keluarga yang ada di Kartu Keluarga, belum semua rakyat mendapatkan e-KTP yg ada NIK nya, tidak semua rakyat sudah melek perbankan dan tidak semua rakyat mampu membuka rekening di bank-bank  tersebut  dengan saldo awal ratusan ribu.

Dan syarat membuka rekening di bank, lanjutnya, juga  harus memiliki  NPWP dan lain-lainnya. “Karena itu kami dari BPJS Watch menolak kehadiran peraturan Direksi no 4 BPJS Kesehatan. Kami meminta peraturan ini dicabut dan menuntut BPJS Kesehatan lebih fokus memperbaiki pelayanannya,” kata Timboel, Jumat (31/10).

Pihaknya menilai, saat ini pelayanan  yang diberikan masih banyak masalah dan belum terkoordinasi dengan baik dengan sejumlah rumah sakit, baik rumah sakit pemerinta maupun swasta.”Peserta BPJS Kesehatan masih banyak mengeluhkan tambahan biaya untuk obat dan lainnya,” ujar Timboel.

Seperti diketahui, Direktur Utama BPJS Kesehatan Dr Fahmi Idris  melalui Peraturan Direksi no 4 BPJS Kesehatan per 1 November memberlakukan syarat  pendaftaran peserta.

Pertama, mendaftar harus melampirkan KK (kartu keluarga), memiliki  NIK,Memiliki rekening bank (BNI,Mandiri, BRI), dan kartu  baru bisa dipergunakan  setelah 7 mendaftar (bayar iuran). “Kami berharap Pak Fahmi mau mencabut peraturan ini,” kata Timboel.(Tri)

  • supratman

    Pemerintah harus mengkaji ulang atas kebijakan BPJS. Tujuan memang sangat baik tapi pd implementasinya justru memberatkan masyarakat kurang mampu. Pd dasarnya BPJS itu hanya mengalihkan pembayaran dr individu ke masyarakat bukan Pemerintah. Pemerintah cuci tangan & hyn mengelola dana dari masyarakat. Peserta BPJSlah yang menanggung resiko atas peserta BPJS yg sakit. Apalagi BPJS bukan lembaga Asuransi yang bisa diklaim. Peserta BPJS adalah donatur cuma2 bila dlm rentang hidupnya tdk mengalami sakit.
    Terkait dgn peraturan Direksi BPJS No 4 yang mengharuskan stiap anggota warga yang tercatat di KK harus didaftarkan sekalian tdk boleh sendiri, ini justru sangat memberatkan rakyat. Jd pada dasarnya Pameo bahwa orang Miskin tidak boleh Sakit ada benarnya.

  • Aqsha Muhammad

    BPJS Kesehatan terbentuk sesuai dengan amanat UU yang ada, dipertegas pula dengan keluarnya PP dan PMK, Selanjutnya akan dilakukan monev sesuai dengan keadaan yang ada dan pastinya sesuai dengan amanat UU PP PMK yang ada pula, aturan BPJS Kes No 4 tahun 2014, sudah jelas regulasi nya dari mana, Insya Allah semua butuh proses…..

  • ghoni

    bagi warga negara yang tidak memiliki no rekening bank gimana?kan tidak semua orang punya rekening bank,saat pengisian formulir pendaftaran online.harus mengisi no rek.ribet juga indonesia..apa lagi yang tinggal di pelosok.mohon di pikir ulang

Terbaru

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono.(dok)
Senin, 18/11/2019 — 8:35 WIB
Sebulan, DKI Harus Belanja Rp29,52 Triliun
olah raga
Senin, 18/11/2019 — 8:22 WIB
Olah raga, Jasmani Rohani
Salah satu kondisi lapak los yang sempat dijadikan tempat bermain judi di Pasar Kemiri Muka, Depok. (anton)
Senin, 18/11/2019 — 8:08 WIB
Lapak di Pasar Kemiri Muka Jadi Tempat Berjudi
Dua sekolah di Jakarta Utara menjadi  pemenang LSS Nasional 2019. (deny)
Senin, 18/11/2019 — 8:08 WIB
2 Sekolah Jakarta Utara Juara Lomba Sekolah Sehat
Senin, 18/11/2019 — 7:58 WIB
Semoga Air Bersih Melimpah