Friday, 22 November 2019

Ahok Setuju KONI DKI Tunjuk Plt Ketua Umum

Senin, 3 November 2014 — 13:09 WIB
Foto- Ahok

Foto- Ahok

GAMBIR (Pos Kota) – Plt Gubernur Basuki Tjahaja Purnama menilai KONI DKI Jakarta perlu segera menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) ketua umum yang ditinggalkan Winny Erwindia lantaran ditahan Kejagung dalam kasus hukum.

“Saya selaku pelindung, sudah menyetujui usulan pengurus untuk menunjuk Plt,” kata Ahok di Balaikota, Gambir, Senin (3/11).

Hal itu diungkapkan Ahok usai menerima surat dari Forum Penyelamat KONI DKI Jakarta pada Kamis (30/10) lalu. Surat itu intinya memberitahukan kepada gubernur perlunya segera ditunjuk seorang Plt untuk menggantikan sementara kedudukan Winny. Soalnya yang bersangkutan sudah dua bulan ditahan di Rutan Pondokbambu dalam kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat terbang di tubuh Bank DKI.

“Silakan ajukan nama yang pas untuk menduduki kursi Plt agar aktivitas KONI berjalan normal,” tambahnya.

Kordinator Forum Penyelamat KONI DKI Jakarta, Didi Affandi mengakui pihaknya telah mengirimkan surat kepada Ahok agar segera menunjuk Plt Ketua KONI Provinsi DKI. Surat tersebut ditandatangani Didi dan Sekretaris Widodo. “Pak Ahok juga telah menerima pengurus KONI DKI. Dalam arahannya, beliau setuju alias mengiyakan, sekaligus memerintahkan agar segera menunjuk Plt Ketua KONI DKI,” kata Didi.

Menurutnya, arahan itu sesuai dengan Anggaran Rumah Tangga (ART) KONI. Berdasarkan pasal 29 diamanatkan, pertama, Ketua Umum karena satu dan lain hal dapat menunjuk Plt kepada unsur Wakil Ketua Umum.

Kedua, Tugas Pokok Plt adalah melaksana­kan tugas-tugas rutin Ketua Umum. Ketiga, Plt sebagaimana dimaksud ayat 1 dan 2 pasal ini, melaksanakan tugas paling lama 6 bulan, dan tidak dapat diperpanjang.

“Keempat, apabi­la jangka waktu sebagaimana dimaksud pada ayat 3 pasal ini telah berakhir, maka harus dilaksanakan Musyawarah Olahraga Luar Biasa,” kata Didi yang juga Ketua Pemprov Perpani (panahan) DKI Jakarta.

(joko/sir)