Saturday, 07 December 2019

Tim Intelijen Korem Terima Kunjungan

Selasa, 2 Desember 2014 — 15:15 WIB
Foto- Intel Korem Wijayakarta.

Foto- Intel Korem Wijayakarta.

JAKARTA (Pos Kota) – Tim intelijen Korem 051/Wijayakarta memegang peran penting di dalam Komando kewilayahan. Salah satu bentuk intelijen yang sangat penting adalah intelijen geospasial.

Yaitu intelijen yang didapatkan melalui pengumpulan data dan analisis pencitraan serta informasi geospasial untuk menggambarkan fitur fisik dan aktivitas secara geografis di bumi. Intelijen geospasial melaksanakan pengumpulan data dan informasi fisik dan non fisik yang dianalisis untuk pengambilan keputusan.

Kebijakan pertahanan Indonesia menurut UU No 3 Tahun 2002 adalah mempertahankan, melindungi dan menegakkan kedaulatan bangsa, memelihara kesatuan Republik Indonesia dan memastikan keamanan bangsa Indonesia dari seluruh ancaman dan gangguan.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi Informasi, maka informasi geospasial khususnya intelijen geospasial sangat diperlukan terutama untuk pertahanan dan keamanan wilayah Korem 051/Wkt.

Terkait dengan hal tersebut di atas dalam rangka Kunjungan Kerja dan koordinasi antar Satuan Intelijen, Staf Pengamanan Angkatan Darat (Spamad), Pabandya3/Masdagri Spaban IV/Pambragiat Letkol Kav Purwito Hadi Wardhono,M.HUM bersama Letkol Chb Monang C Napitupulu dan Mayor Arm I Made Sudiana,B.S  Selasa, (2/12/14) mengunjungi Tim Intelijen Korem 051/Wkt di Ruang data Lt.II korem 051/Wkt Jl Niagaraya Kav 1 Jababeka Cikarang Baru Bekasi, diterima oleh Kasi 1 Intelijen Korem 051/Wkt Letkol Inf Muhamad Iskandar dan didampingi Para kasi dan Pasi terkait.

Adalah mengakomodir tuntutan demokratisasi, prinsip-prinsip HAM dan kewenangan yang tetap dapat memperkuat posisi Intelijen sebagai salah satu instrumen keamanan Wilayah Korem 051/Wkt. Upaya itu sudah dilakukan dengan adanya Undang-undang No. 17 Tahun 2011 tentang Intelejen Negara karena “Dalam keadaan dunia yang menuntut balance of power sekarang ini, maka kuncinya terletak di kekuatan Intelijen”.

Kapendam Jaya
Letkol Inf Heri Prakoso Ponco Wibowo