Wednesday, 16 October 2019

Malam Tahun Baru, 70% Hotel di Pantai Anyer Sudah Dipesan

Senin, 8 Desember 2014 — 20:02 WIB
Marbela-700

SERANG (Pos Kota) – Lokasi wisata pantai di sepanjang Anyer-Pandeglang masih menjadi daya tarik wisatawan pada pesta malam pergantian tahun. Seperti pada perayaan tahun-tahun sebelumnya, seluruh tempat penginapan sepanjang Pantai Anyer – Tanjung Lesung pada malam pesta tahun baru 2015 diprediksi akan terisi.

Terlihat, meski masih tersisa 3 minggu, namun tingkat hunian pada malam pesta tahun baru sudah mencapai 70 persen lebih.

“Sejauh ini sudah sekitar 70 persen hotel di sepanjang Pantai Anyer sudah terpesan. Ada sisa waktu 3 minggu, kami optimis semua penginapan akan terisi semuanya,” ungkap Ketua Pehimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang Hardomo, dihubungi Pos Kota, Senin (8/12).

General Manager Pisita Cottage ini menambahkan, dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan lembaga-lembaga terkait seperti Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran dan kepolisian untuk mengantisipasi berbagai macam kejadian yang tidak diinginkan saat pergantian tahun.

Koordinasi tersebut sangat penting dilakukan agar masing-masing lembaga bisa melakukan pengawasan sesuai tupoksinya. Misal Dinas Perhubungan dan Kepolisian akan mengatur alur jalan dan juga mengurai kemacetan.

“Kepolisian juga akan mengerahan personelnya baik di darat maupun yang patrol di air dan pantai,” tuturnya.

Terkait infrsatruktur jalan, Hardomo mengatakan, meski sudah dilakukan perbaikan namun jalur wisata ke Pantai Anyer belum sepenuhnya menunjang baik. Pasalnya, jalur wisata masih berbaur dengan jalur industri sehingga menyebabkan antrian kendaraan.

Hardomo meminta pemerintah daerah segera menyelesaikan jalur alternatif lingkar selatan yang saat ini pembangunannya tak kunjung selesai.

“Untuk liburan tahun baru nanti, kita berharap instansi terkait dapat memberlakukan larangan operasi bagi kendaraan industri. Tehnisnya sama seperti arus mudik lebaran H-4 tidak beroperasi pada lintasan wisata. Ini dimaksudkan agar wisatawan nyaman,” tutur Hardomo. (haryono/d)