Tuesday, 12 November 2019

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Warga Bersama Koramil Bersih-Bersih Saluran Air

Selasa, 9 Desember 2014 — 8:22 WIB
Foto- Warga bersama aparat Koramil Tanjung Priok, Jakarta Utara, membersihkan saluran air. (wandi)

Foto- Warga bersama aparat Koramil Tanjung Priok, Jakarta Utara, membersihkan saluran air. (wandi)

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Untuk menjaga kebersihan lingkungan, sekaligus menghadapi musim penghujan, ratusan warga bersama aparat Koramil Tanjung Priok dan pemerintah menggelar kerja bakti bersih-bersih saluran di sepanjang di Jalan RE Martadinata.

Diharapkan pada kegiatan ini nanti dapat meminimalisir terjadinya banjir dan genangan karena hampir setiap kali hujan dan air pasang kawasan tersebut selalu terjadi genangan.

Sasaran dalam kerjabak itu umpukan sampah dan saluran air yang penuh sampah dan lumpur dibersihkan. “Kami berharap dengan cara ini kedepan sepanjang jalan RE Martadinata yang setiap kali hujan dan air pasang selalu tergenang tidak akan terjadi lagi. Kedepan setelah saluran ini bersih, kami minta warga agar tidak membuang sampah sembarangan,”kata Lurah. Lurah Tanjung Priok, Suyono.

Dikatakan Lurah, kegiatan ini dilaksanakan sebagai antisiapsi datangnya banjir. Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya memberikan apresiasi, baik kepada aparat TNI dan masyarakat yang secara sungguh-sungguh dan bersama-sama menjaga kebersihan

“Momen ini kita berikan kepada masyarakat. Menjaga kebersihan adalah tanggung jawab bersama, dan untuk itu kita semua harus terlibat didalamnya, “ujarnya.

Suyono juga mengajak seluruh komponen masyarakat mulai pengurus RT/RW, warga dan komponan lainnya untuk kerja bakti massal. Sebab kebersihan lingkungan ini merupakan tanggungjawab bersama, bukan hanya petugas kebersihan saja.

Sementara itu Rosyid,34, warga RW 12 Kelurahan Tanjung Priok, mengaku sangat mendukung program ini. Menurutnya, dengan cara ini tentu akan menciptakan wilayah yang bersih. Selain itu juga untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan wabah penyakit pada musim hujan.

“Siapa lagi yang akan peduli dengan kebersihan lingkungan, kalau bukan kita. Makanya kami berharap program ini dilakukan secara riutin, kami takin jika ini sudah dilakukan wilayah kita akan bersih dan akan terhindar dari berbagai penyakit,”terang Rosyid.

(wandi/sir)