Tuesday, 12 November 2019

Fadjar Panjaitan Ingin Silat Masuk Pelajaran Olahraga

Senin, 22 Desember 2014 — 20:11 WIB
Silat-IFand

CIPAYUNG (Pos Kota) – Ketua Umum Pengurus Daerah Ikatan Pencak Silat Indonesia (Pengda IPSI) DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan, mengharapkan Dinas Pendidikan DKI memasukan cabang olahraga beladiri ini masuk dalam mata pelajaran olahraga.

“Di beberapa sekolah pencak silat sudah dimasukan sebagai salah satu mata pelajaran olahraga. Kami berharap, seni beladiri ini bisa dimasukan karena ini merupakan salah satu kebudayaan Indonesia,” katanya usai menghadiri acara pembukaan Kejuaraan Pencak Silat Jakarta Open 2014 di Padepokan pencak silat, TMII, Jakarta Timur, Senin (22/12).

Menurutnya, dengan memasukan cabang olahraga beladiri ini ke dalam mata pelajaran, dinilai Fadjar sebagai salah satu cara melestarikan budaya Indonesia. Jangan sampai salah satu kebudayaan kita ini diambil negara lain baru kita teriak. “Jadi ini harus segera dilakukan. Kami mengharapkan dinas Pendidikan DKI menyadari hal tersebut,” ujarnya.

Ditambahkan Fadjar, agar hal itu dapat terlaksana, ia juga berharap pemprov DKI juga ikut mendukung. Caranya, dengan memfasilitasi dan mendorong Dinas Pendidikan untuk dengan segera merealisasi hal tersebut. “Dibeberapa sekolah hal tersebut sudah dilakukan, kenapa tidak semua sekolah juga diikut sertakan,” ungkapnya.

Dalam kejuaran pencak silat Jakarta Open 2014 itu sendiri, para pesilat memperebutkan piala Gubernur DKI Jakarta.  Dimana 600 jawara silat dari seluruh Indonesia, bersaing untuk memperebutkan piala bergilir tersebut. “Kegiatan ini merupakan ajang tahunan dari Pengda IPSI DKI yang juga didukung KONI Jakarta,” Ketua pelaksana kejuaraan silat Jakarta Open 2014, Aji Antoko.

Menurutnya, pertandingan itu sendiri, akan berlangsung pada 22 Desember hingga 27 Desember. Dimana selain dihadiri dari para atlit nasional, beberapa perguruan pencak silat di DKI juga ikut terjun. “Ada atlit dari Aceh, Jawa Tengah, Palembang, Banten, dan Jawa Timur. Puluhan atlit dari lima wilayah di Jakarta ikut bertanding,” ujarnya.

Khusus untuk atlet DKI, lanjut Aji, diharapkan menjadi ajang uji coba dalam persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlasung dalam waktu dekat ini. Untuk itu, diharapkan kepada atlit DKI bisa menyabet 22 nomor perlombaan yang diselenggarakan. “Kalau diperlombaan ini menang, pasti motivasi para atlit dapat terus terjaga dalam mengejar juara,” ujarnya. (Ifand/d)

Teks foto : Fadjar Panjaitan saat menyaksikan pembukaan Kejuaraan Pencak Silat Jakarta Open 2014. (Ifand)